Rabu, 04 Agustus 2010

TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI NGAJARAN 03, KECAMATAN TUNTANG, SEMARANG


Latar Belakang masalah

Mengapa Pengajaran Agama Kristen merupakan salah satu materi yang harus diajarkan pada setiap siswa? Pengajaran PAK tidak hanya menjadi alat atau sarana yang sangat efektif bagi iman Kristen, tetapi juga mempunyai kontribusi yang cukup besar bagi pertumbuhan dan perkembangan iman siswa gereja di masa yang akan datang. Ada beberapa alasan, yaitu: Pertama, pengajaran Pendidikan Agama Kristen mempertemukan kehidupan manusia dalam hal ini anak-anak dengan Firman Tuhan atau dengan Tuhan Yesus sendiri, yang adalah Firman Yonahes 1:1, “Pada mulanya adalah Firman dan firman itu bersama-sama dengan Allah, dan Firman itu adalah Allah”. Dalam Injil Yohanes 1:14, dikatakan bahwa : “Firman itu telah menjadi manusia dan diam diantara dan kita telah melihat kemulianNya”
Karena perjumpaannya dengan Yesus, Sang Firman yang hidup, melalui pelajaran Agama Kristen di sekolah, banyak siswa yang pada akhirnya percaya kepada Tuhan Yesus, dan tidak sedikit orang tua yang dahulu menolak Tuhan Yesus secara terang-terangan, akhirnya mengakui dan memberi diri dibaptis. Penulis Ibrani mengatakan “Sebab firman Allah hidup dan kuat, lebih tajam daripada pedang bermata dua manapun; Ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita” 2


II Timoitus 4: 2
Ibrani 4 : 12


Apabila Firman Tuhan diajarkan dengan setia, penuh tanggung jawab, dan dengan
teladan, Allah akan memakainya untuk mempengaruhi pikiran dan hati orang yang
memerlukan Yesus.

Kedua, Pengajaran Agama Kristen menghasilkan suasana pribadi antar sesama. Pengajaran Agama Kristen yang dilaksanakan di Sekolah dalam satu kelas, secara formal dan tertata rapi, menghasilkan suasana pribadi antara sesama rekan sekelas yang akhirnya dapat membimbing kepada keputusan untuk menerima Kristus.
Mavis L. Anderson, (1993) dalam hubungannya dengan mendidik atau mengajar, mengatakan :
“ Kata mendidik berarti “memimpin atau membimbing pembentukan kebiasaan-kebiasaan yang menuju kepada kecakapan”, pada jalan yang harus ditempuhnya, mempunyai arti yang lebih luas daripada hanya memberikan pengetahuan teori sebanyak-banyaknya ke dalam hati murid-murid yang belum bersedia dengan satu pengharapan bahwa kelak pada akhir perjalanan yang jauh ini, murid akan tiba pada tujuan yang benar. Hal ini berarti membimbing dan melatih kehidupan itu dibawah pemeliharaan Roh Allah, sehingga langkah demi langkah, ia dipimpin kepada saat dimana ia menerima Dia yang adalah “jalan dan kebenaran dan Hidup” (Yohanes 14:6)” 1

Penulis Kitab Perjanjian Baru menyebutkan “KOINONIA” yang berarti persekutuan Kristen yang terbaik. Koinonia itu meliputi keramahan, dan sekali-kali makan bersama. Semua itu memberikan kesan yang lebih mendalam daripada bersekutu saja. Secara harafiah kata itu berarti “kebersamaan”. Anak-anak Tuhan yang terlibat dalam pelajaran agama Kristen dapat saling membagi pengalaman hidup, memperhatikan yang susah, turut senang dengan mereka yang mendapatkan berkat, menguatkan yang putus asa, dan saling mendoakan. Persekutuan semacam ini sering menjadi saluran berkat, anugrah Allah bekerja melalui hati mereka yang belum percaya kepada Tuhan Yesus Kristus secara 1. 1. 1. Mavis L. Anderson, Pola Mengajar Sekolah Minggu, Yayasan Kalam hidup, Bandung, 1993, Hlm. 89,90
pribadi.
Ketiga, Pengajaran Agama Kristen menyediakan struktur logis untuk Penginjilan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, di setiap kelas terdiri dari siswa yang umurnya tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu program pengajaran Agama Kristen tersusun sesuai dengan tingkat umur dan kemampuan siswa. Dalam penyampaian materipun disesuaikan dengan kondisi setempat. Dengan demikian gereja dan sekolah dapat membuat program yang dapat memberikan tugas penginjilan secara logis dan efektif.
Keempat, Pengajaran Agama Kristen mengembangkan tujuan yang paling utama dari semua pelayanan Pengajaran Kristen, yaitu membimbing orang (siswa) kedalam hubungan yang benar dengan Allah, melalui iman kepada Yesus Kristus.
Tujuan Penulis injil yang keempat , yaitu Yohanes, mengatakan : Supaya kami percaya bahwa Yesuslah Messias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya (Yohanes 20:31).
Memang tak seorangpun dapat menjamin hasil seperti ini. Bahkan Tuhan Yesus sendiri kadang-kadang melihat bahwa maksudNya terhalang (Mark 10:20). Dari sekian banyak atau lamanya Pengajaran Agama Kristen pasti ada semacam pengajaran yang menambah kemungkinan, bahwa siswa atau orang-orang percaya yang sesat atau hilang akan ditemukan dan diselamatkan. Dan orang-orang atau siswa yang sudah diselamatkan oleh karena percaya kepada Tuhan Yesus (Yoh 3:16), akan bertumbuh sebagai hasil dari pengalamannya ketika mengikuti Pelajaran Agama Kristen, menuju kedewasaan Kristus dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Dalam hal ini Mavis L.

Anderson (1993), menegaskan “perjalanan itu baru dimulai dan pendidikan harus dilanjutkan untuk membimbing murid-murid kepada kepenuhan di dalam Kristus”. 1
Untuk melengkapi tujuan Pengajaran Agama Kristen dan Penginjilan di sekolah, yang merupakan usaha “Pemuridan” dan sekaligus “Penginjilan”, obyek Pendidikan Agama Kristen disekolah sebagaimana ditulis oleh Dr. E.G Homringhausen dan Dr. I.H Enklaar, di bawah ini akan menambah wacana dalam memahami tujuan Pengajaran Agama Kristen di sekolah tersebut, yaitu : 2
Pendidikan Agama Kristen menjadikan murid-murid menghargai dirinya sendiri.
Pengajaran Agama Kristen membuat mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
Melalui Pengajaran Agama Kristen, diharapkan mereka dapat belajar menghargai dunia ini.
Pengajaran Agama Kristen supaya mereka dapat membedakan nilai-nilai yang baik dan yang jahat.
Pengajaran Agama Kristen supaya mereka dapat menghubungkan pengalaman-pengalaman mereka sendiri dengan filsafat hidup Kristen.
Supaya mereka dapat menjadi orang yang dapat dipercaya.
Supaya mereka belajar bekerja sama dan tolong menolong.
Supaya mereka selalu mengajar kebenaran.
Supaya mereka bersikap positif terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekelilingnya, dan terhadap perkembangan-perkembangan sejarah umum.
Dengan pelajaran Agama Kristen, supaya mereka suka turut merayakan hari-hari raya Kristen dalam persekutuan Kristen.

Ada beberapa sifat yang ditunjukkan dalam pengajaran Agama Kristen, sehingga sangat efektif dalam mencapai tujuan akhir dari Pendidikan atau Pengajaran Kristen, seperti yang dikemukakan oleh Harry M. Piland, yaitu : 3
Pertama, pengajaran yang “dijelmakan”. Dijelmakan adalah istilah theologia abstrak, tetapi istilah itu mengatakan apa yang perlu dikatakan mengenai pengajaran Alkitab atau Pengajaran Agama kristen. Arti sebenarnya adalah bahwa firman itu menjadi

Mavis L. Anderson, Pola mengajar Sekolah Minggu, Yayasan kalam hidup, Bandung, 1993, Hlm. 90
Dr.E.G Homrighausen, Dr.I.H Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, BPK Gunung Mulia, Jakarta, Hlm. 48,49
Harry M. Piland, Perkembangan Gereja dan Penginjilan Melalui Sekolah Minggu, LLB, Bandung 1984, Hlm. 164

daging dalam kehidupan guru-guru Agama Kristen dan dalam kehidupan anggota-anggota dalam kelas.
Kedua, mengajar dengan teladan. Sebagai guru Agung, sebagian besar apa yang diajarkan kepada murid-muridNya, diajarkan-Nya melalui contoh atau teladan. Ia merupakan teladan yang hidup mengenai apa yang ia inginkan agar dipelajari pengikutNya. Satu contoh, ketika Tuhan Yesus mengajar mengenai kepemimpinan, Ia mulai pelayananNya dengan mempersiapkan sebuah kain, seember air dan kemudian mencuci kaki murid-murid yang memanggilNya “Guru”. Dengan kata lain di dalam Yesus mengajar, Ia selalu memberi contoh atau teladan terlebih dahulu.
Dalam Kitab Ulangan 6:1-9, adalah suatu keharusan mengajar dengan disertai teladan atau contoh.1 Pengajarannya harus “dipraktekan” dalam kehidupan konkret, yang dapat dilihat, “dibaca’ dan ditiru atau dicontoh. “Haruslah engkau juga mengikatkannya sebagai tanda pada TANGANMU dan haruslah itu menjadi lambang DIDAHIMU, dan haruslah engkau menuliskannya pada TIANG PINTU RUMAHMU dan pada PINTU GERBANGMU (ulangan 6:8-10).
Perhatikan empat kata kunci dalam Pengajaran Kristen. Semua menunjuk kepada realitas, kenyataan yang dapat dilihat dan dirasakan yang harus diajarkan atau disampaikan kepada orang lain. Dalam Pengajaran, teladan lebih berharga dari sekedar perkataan.
Ketiga, pengajaran yang berpusat pada kehidupan. Dalam hal ini Iris V. Cully, (1995) mengemukakan :
“Metode-metode pengajaran kristen harus berpusat pada kehidupan. Istilah “berpusat pada kehidupan” sama halnya dengan “berpusat pada pengalaman”. Pengalaman


Yuliana, Alam Semesta dan Sejarah, Buletin Evangelion, Edisi 50, tahun 1998
masa kini. Hasilnya adalah suatu minat yang kuat tentang saat ini dan rencana-rencana yang jelas bagi masa depan, namun hanya memiliki pandangan yang terpecah-pecah mengenai masa lampau. Kini pandangan “pandangan berpusat pada kehidupan” memperoleh makna yang lebih dalam melalui pemahaman-pemahaman para ahli dan filsafat teologi eksistensialis. Eksistensi-lah, dan bukan keberadaan yang abstrak, yang dianggap penting. Eksistensi terdiri dari suatu totalitas, bukan dari dalam keberadaannya sendiri, melainkan dari hubungan dengan orang lain, benda-benda” 1



Pernyataan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka pernyataan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas 4 – 6 di Sekolah Dasar Ngajaran 03, Kecamataqn Tuntang, Kabupaten Semarang?”

Penjelasan Istilah
Untuk member kesamaan pemahaman dan menghindari adanya perbedaan penafsiran dalam penelitian ini maka dijelaskan istilah yang diperlukan, yaitu:
“Tujuan” ………
“Pembelajaran”
“Pendidikan Agama Kristen”
“Siswa Sekolah Dasar”
“Siswa Kelas 4- 6”
“SD Negeri Ngajaran 03, Kecatamatan Tuhan”

.

Pertanyaan Penelitian
Apakah Pembalajaran Pendidikan Agama Kristen?
Apakah tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas 4 – 6 di Sekolah Dasar Negeri Ngajaran 03, Kecamataqn Tuntang, Kabupaten Semarang?”

Tujuan Penelitian
Apaun yang menjadi tujuan penelitian adalah:
Untuk menjelaskan Arti, Hakekat Pembelajaran Pendidikan Agama Kreisten.
Untuk mengetahui Tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas 4 – 6 di Sekolah Dasar Negeri Ngajaran 03, Kecamataqn Tuntang, Kabupaten Semarang?”

Kepentingan Penelitian
Kepentingan dalam penelitian menurut Andreas B. Subagyo digolongkan dalam 2 bagian, yaitu: kepentingan teoritis dan kepentingan praktis. Kepentingan teoritis dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang pembelajaran Pendidikan Agama Kristren sehingga dapat disumbangan sebagai bahan acuan untuk peningkatan kualitas pengajaran bidang PAK di Sekolah Dasar Negeri Ngajaran 03, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang?. Sedangkan kepentingan praktis penelitian ini yaitu:
Bagi siswa, supaya dapat meningkatkan pemahaman mengenai pembelajaran PAK, sehingga minat siswa dalam belajar PAK meningkat.
Bagi guru PAK, sebagai Dasar dan acuan Pembelajaran PAK, sehingga menjadi umpan balik dalam proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran PAK yang sebenarnya.
Bagi sekolah, supaya ada peningkatan proses pembelajaran PAK, mengingat Pembelajaran PAK mempunyai tujuan untuk meletakkan dasar iman Kristen bagi siswa Sekolah Dasar. Dengan demikian sekolah sebagai Lembaga Pendidikan dapat melaksanakan kurikulum demi kualitas pembelajaran PAK, dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar