Senin, 09 Agustus 2010

Kontrak Pembelajaran

KONTRAK PEMBELAJARAN

A. Identitas Mata Kuliah:
1. Program Studi : S 1 PAK
2. Mata Kuliah/ Kode : Ilmu Pendidikan/ MKDK
3. Semester/ SKS : Ganjil 210/2011/ 2 SKS
4. Pengampu Mata Kuliah : Ev. Timotius Sukarman, S.Th, S.PAK, M.Th
5. Hari Pertemuan/ Jam : Setiap Hari Selasa
Pukul 16.30 s/d 18.10 WIB
B. Manfaat Mata Kuliah
Mata Kuliah Ilmu Pendidikan memberikan pengenalan tentang tugas guru sebagai Pendidik di Sekolah; Masalah-masalah Pendidikan; Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu Pengetahuan, dan Pendidikan Seumur Hidup.

C. Diskripsi Mata Kuliah
Perkuliahan ”IlmuPendidikan” Mempelajari arti filsafat dan ilmu pendidikan. Mempelajari konsep Pendidikan dan Pengajaran ditinjau dari sudut filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis. Mempelajari tindakan-tindakan Pendidikan, membina pribadi. Pendidikan seumur hidup. Pendidikan manusia seutuhnya. Dasar, tujuan Pendidikan dan impilkasinya. Serta hubungan pendidikan dengan pembangunan

D. Kompetensi Dasar dan Indikator.
1. Kompetensi Dasar: Mahasiswa menguasai arti filsafat dan ilmu pendidikan
1.1. Indikator:
a) Mahasiswa mampu mengetahui arti filsafat dan ilmu pendidikan Pendidikan.
b) Mahasiwa mampu mengakui Ilmu pedidikan sebagai ilmu
c) Menyebutkan Ciri-ciri ilmu pendidikan
d) Mahasiswa mampu mengaplilasikan Ilmu Pendidikan dalam dalam tugas
mendidik.
2.Kompetensi Dasar: Mahasiswa dapat menguasai landasan kependidikan

1.1.Indikator:
a)Mampu menjelaskan konsep pendidikan dan pengajaran ditinjau dari sudut filosofis, historis,
sosiologis, dan psikologis
b)Menjelaskan pendidikan dan pengajaran secara teoritis
c)Menyebutkan perlunya pendidikan dan pengajaran bagi manusia
d)Menjelaskan hubungan pendidikan dan pengajaran ditinjau dari sudut psikologis
e)Menjelaskan hubungan pendidikan dengan filsafat, dan masyarakat
2.Konpeneitsi Dasar: Menguasai fungsi pendidikan dalam membina manusia seutuhnya

3.1. Induikator:
a ) Mempraktekkan tindakan-tindakan pendidikan dalam membina kepribadian
b ) Menyebutkan Fungsi Pendidikan
c ) Menjelaskan Tujuan pendidikan
d) Menjelaskan Pendidikan seumur hidup
e) Menjelaskan Pendidikan manusia seutuhnya.
f) Pendidikan manusia seumur hidup
g) Menjelaskan Dasar, tujuan pendidikan manusia seutuhnya dan impilkasinya
h) Menjelaskan hubungan pendidikan dengan pembangunan
i) Faktor manusia dalam pendidikan

E. Uraian Pokok Bahasan setiap Pertermuan
Pertemuan 1:
Membahas :
Introduksi dan orientasi tujuan mata kuliah (seperti tersebut diatas)
Orientasi ruang lingkup mata kuliah (seperti tercantum dibawah ini)
Kebijaksanaan pelaksanaan perkuliahan sebagai ”educational discourse”
Kebijaksanaan penilaian hasil belajar (berdasarkan presensi aktif, TTS, TAS, tugas kelompok kecil, dan tugas bebas individual)
Introduksi tugas yang harus diselesaikan
Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya (tercantum dibagian bawah)
Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
Uji Kompetensi :
Untuk mendapatkan pengetahuan yang benar tentang Ilmu Pendidikan ketahuilah apa yang kau tahu dan ketahuilah pula apa yang kau tidak tahu.
1. Apa yang Anda ketahui tentang Ilmu Pendidikan?
2. Apakah Ciri-ciri ilmu pendidikan
3. Apakah arti pendidikan dan pengajaran secara teoritis
4. Apakah manfaat Mata Kuliah ”Ilmu Pendidikan” bagi tugas mendidik dan mengajar?
5. Apa yang ingin Anda ketahui tentang Ilmu Pendidikan?


Pertemuan 2
1. Membahas Filsafat, dan Ilmu Pendidkan sebabgai ilmu
2. Tugas :
Pada pertemuan ke-2 Tagihan 1 setiap mahasiswa secara individual harus mengumpulkan tugas (UJI KOMPETENSI) yang diketik dengan kertas kuarto dengan 1 1/5 maksimal 2 halaman atau tulis tangan dengan kertas folio.
Pertemuan 3:
1. Menjelaskan Ciri-ciri ilmu pendidikan
2. Tugas menyimpulkan:
a. Apa itu Filsafat
b.. Apa itu Ilmu Pendidikan
c. Ciri-ciri Ilmu Pendidikan

Pertemuan 4
1. Pengertian pendidikan dan pengajaran secara teoritis
2. Penjelasan Tugas (Untuk didiskusikan dalam kelompok) Pentingnya mata Kuliah
Ilmu Pendidikan bagi tugas mendidik dan mengajar.
Pertemuan 5 :
1. Menjelaskan Perlunya pendidikan dan pengajaran bagi manusia
2. Pengantar Diskusi:
3. Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiksusi tentang pentingnya Mata Kuliah
Ilmu Pendidikan ini bagi tugas mendidik kemudian hari, khususnya pembelajaran Pendidikan
Agama Kristen. (Hasil diskusi akan dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan ke 6, 7 dan 8)
setelah pembahasan materi pokok.

Pertemuan 6
1. Presentasi Hubungan pendidikan dan pengajaran ditinjau dari sudut psikologis
2. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 1 )


Pertemuan 7:
1. Menjelaskan hubungan pendidikan dengan filsafat, dan masyarakat
2.. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 2 )

Pertemuan 8
1. Fungsi dan Tujuan Pendidikan
2. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 3 )

Pertemuan 9:
Tes Tengah Semester :
Bahan Pertemuan 1 s/d 8.

Pertemuan 10
1. Pendidikan manusia seutuhnya.
2. Diskudi ” Pendidikan manusia seutuhnya”

Pertemuan 11:
1. Pendidikan manusia seumur hidup


Pertemuan 12:
1 Dasar, tujuan pendidikan seumur hidup dan impilkasinya
2. Tugas : Beberapa kelompok kecil: mahasiswa bertugas melaporkan secara tertulis tentang:
“ Pendidikan yang terjadi sekarang ini (dari Media cetak maupun akses dari
Internet)”

Pertemuan 13:
1. Hubungan pendidikan dengan pembangunan
2. Tugas : Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang masalah
Ujian Akhir Semester berupa seperangkat item pilihan berganda dan satu (1) soal uraian.
Semua mengerjakan di kelas.

Pertemuan 14 :
1. Membahas faktor manusia dalam pendidikan, khususnya pengajaran, mengajar dan
kurikulum (makro) dan belajar.khususnya berdasarkan teori Ki Hajar Dewantara (dari Karya KHD, 1963).
1.Ujian Akhir

F. JUDUL MALAKAH:
1.Perlunya pendidikan dan pengajaran bagi manusia
2.Hubungan pendidikan dan pengajaran ditinjau dari sudut psikologis
3.hubungan pendidikan dengan filsafat, dan masyarakat
4.Fungsi Pendidikan
5.Tujuan pendidikan
6.Pendidikan manusia seutuhnya.
7.Pendidikan manusia seumur hidup
8.Dasar, tujuan Pendidikan seumur hidup dan impilkasinya
9.Hubungan pendidikan dengan pembangunan
10.Tujuan Akhir Pendidikan
11.Pendidikan Anak Usia Dini
12.Pendidikan dan masa Depannya
13.Kemana setelah menempuh pendidikan


KETENTUAN :
1.Diketik pada kertas Kwarto
2.Spasi 1 1/5
3.Minimal 10 Halaman
4.Time New Roman 12
5.Tidak dijilid
6.pengaturan jarak sepasi:
atas 3 Cm
Kiri 3 Cm
Kanan dan Bawah masing-masing 2. 5 Cm.

G. SISTEM PENILAIAN:
1. Abseni dan interaksi dalam kelas 15 %
2. Diskusi dalam Kelompok dan Presenasi dalam kelas 15 %
2. Tugas Mandiri (Makalah) 20 %
3. Tes Tengah Semester 20 %
4. Tes Akhir Semester 30 %.


Salatiga, 29 Juli 2010
Dosen Pengampu


Ev. Timotius Sukarman, S.PAK, M.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar