Rabu, 04 Agustus 2010

Kontrak Pembelajaran Kurikulum

KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : KURIKULUM PAK
DOSEN : EV. TIMOTIUS SUKARMAN, S.TH, S.PAK, M.TH
BOBOT SKS : 2 SKS

PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SANGKAKALA GETASAN
TAHUN AKADEMIK 2010/2011

DESKRIPSI MATA KULIAH
Pekuliahan “Kurikulum PAK” membahas Berbagai hal tentang Kurikulum yang pernah dipakai, mulai kurikulum 94, KBK dan KTSP tahun 2006. Dalam perkuliahan ini, akan membahas Kurikulum Pendidikan Agama Kristen secara umum, kemudian pengembangan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta evaluasi atau penilaian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Mengingat KTSP 2006, masih termasuk Kurikulum baru bagi setiap sekolah terutama guru PAK, maka dalam mengimplemintasikan Kurikulum Operasional ini dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai KTSP. Oleh sebab itu dalam perkuliahan ini akan membekali calon guru PAK dalam mengaplikasikan atau menerapkan KTSP sesuai dengan kemampuan dan kekhasan dari sekolah setempat.
Dalam studi ini digunakan pendekatan, teoritis-sistematis, historis, maupun komparatif, yaitu diskusi, studi banding dan pengenalan lapangan. Dari hasil pengamatan langsung, kemudian dipresentasikan di depan kelas.

TUJUAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memiliki dasar pemikiran yang mendalam mengenai Kurikulum KTSP.
2. Memiliki wawasan yang luas dalam mengembangkan silabus.
3. Dapat membuat Rencana Pelaaksanaan Pembelajaran (RPP)
4. Dapat membuat Rencana Harian ( RH )
5. Menghitung Standart Ketuntasan Miniml (SKM)
6. Memahami Penilaian KTSP
7. Menyusun Instrumen Penilaian dan melaksanakan Penilaian
8. Mahasiswa juga diharapkan mampu membina dan mengembangkan program pengajaran serta memecah persoalan pendidikan pada umumnya, dan khususnya yang berkaitan dengan penerapan KTSP PAK.

URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan 1
Membahas :
Introduksi dan orientasi tujuan Mata Kuliah (seperti tersebut diatas)
Orientasi ruang lingkup mata kuliah (seperti tercantum di bawah ini)
Kebijaksanaan penilaian hasil belajar (berdasarkan kehadiran, ketaktifan dalam kelas, presensi, TTS, TAS, tugas kelompok kecil, dan tugas mandiri)
Introduksi tugas yang harus diselesaikan dalam satu semester.
Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya (tercanrum dibagian bawah)
Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
Uji kompetensi:
9. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum?
10. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum KBK?
11. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)?
12. Apa yang ingin Anda ketahui tentang Kurikulum KTSP PAK?
13. Apakah hubungan memahami Kurikulum PAK dengan tugas mengajar atau mendidik?


Pertemuan 2
Membahas hakekat dan arti kurikulum KBK. antara lain, sejarah munculnya KBK tahun 2004.
Tugas:
Pada pertemuan ke-2 tagihan 1 setiap mahasiswa secara individual harus mengumpulkan tugas (UJI KOMPETENSI) yang diketik dengan kertas kuarto dengan 1 1/5 maksimal 2 halaman atau tulis tangan dengan kertas folio.

Pertemuan 3
Presentasi Kurikulum KTSP 2006
Tugas menyimpulkan:
a. Apa itu KTSP?
b. Guna, Fungsi KTSP dalam dunia pendidikan sekarang ini?
c. Bagaimana kesiapan Sekolah dalam menerapkan KTSP?

Pertemuan 4
Prinsip-prinsip pengembang KTSP
Penjelasan Tugas (untuk didiskusikan dalam kelompok) pentingnya memahami KTSP 2006.

Pertemuan 5
Presentasi komponen KTSP
Pengantar Diskusi:
Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiskusi tentang pentingnya Mata Kuliah Filsafat Pendidikan ini bagi tugas pembelajaran di kemudian hari, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. (Hasil diskusi akan dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan ke 6,7 dan 8)

Petemuan 6
Ketuntasan Belajar Minimal
Praktek menghitung SKM
Menyimak Presentasi Kelompok 1


Pertemuan 7
Pengembangan Silabus KTSP
Langkah-langkah pengembangan Silabus
Menyimak Presentasi dari mahasiswa kelompok 2

Pertemuan 8
SK dan KD SD s/d SMA/SLTA PAK
Menyimak Presentasi dari Mahasiswa kelompok 3

Pertemuan 9
Tes Tengah Semester
Bahan Pertemuan 1 s/d 8

Pertemuan 10
Penentuan Jenis Penilaian (Evaluasi KTSP)
Diskusi tentang penilaian KTSP

Pertemuan 11
Perhitungan Alokasi waktu dan Pemetaan
Praktek menghitung alokasi waktu

Pertemuan 12
Silabus
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Tugas : Praktek mengisi kolom-kolom silabus

Pertemuan 13
Guru dan KTSP
Tugas : Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang pembuatan RPP.

Pertemuan 14
Rencana Harian
Tugas: Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang pembuatan RH.

Pertemuan 15:
Pengumpulan tugas mandiri
Tes Akhir Semester

SISTEM PENILAIAN
14. Absen dan keaktifan dalam kelas 15 %
15. Diskusi dalam Kelompok dan Presentasi dalam kelas 15 %
16. Tugas mandiri 20 %
17. Tes Tengah Semester 20 %
18. Tes Akhir Semester 30 %

DAFTAR REFERENSI:
19. Pedoman BSNP
20. Pedoman KTSP

Dosen dapat dihubungi melalui:
e-mail : Sukarman_tim@yahoo.co.id
www.blogger.com. Id: timotius.sukarman @yahoo.co.id
Alamat : Jalan P. Diponegoro 123B, Salatiga
Telepon Rumah (0298) 32104 HP 085229616816
Bertemu muka:
Di rumah, khusus untuk bimbingan penulisan Tugas Akhir sesuai perjanjian
Di kantor STT, khusus hari selasa jam 18.30-20..00 diruang kuliah sesudah perkuliahan (sesuai jadwal per semester).


Salatiga, 10 Juli 2010
Duipersiapkan oleh

1 komentar:

  1. Syalom pak.

    saya mau tanya nih pak,,,pemberian mata kuliah ini di semester II apa gk terlalu cepat pak?sementara kan prakteknya di semester IV.

    Terima kasih

    BalasHapus