Senin, 09 Agustus 2010

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Judul penelitian : UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
SISWA MAN I BANDUNG KELAS X 6 UNTUK
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
DENGAN METODE DISKUSI PARTISIPATIF
Peneliti : ALBERTS SUWARDI

PENDAHULUAN
Latar belakang masalah
Upaya meningkatkan minat belajar siswa MAN I Bandung kelas X 6 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama seharusnya bisa ditingkatkan semaksimal mungkin dengan cara guru harus mampu mengubah suasana belajar dengan mengembangkan metode belajar dengan Diskusi Partisipatif , hal ini akan memacu siswa dalam berpartisipatif untuk memecahkan masalah yang dihadapi saat ini, yang seharunya ada perubahan paradigma dalam siswa belajar tidak hanya monoton tetapi keaktipan siswa sangat dibutuhkan, oleh karena itu guru harus mampu mengubah dan membuat suasana lebih menarik tidak hanya mengembangkan metode satu arah saja tetapi harus dikembangkan metode-metode yang baru sehingga materi dapat diterima dengan baik dan jelas oleh siswa. Kondisi saat ini siswa seolah-olah hanya menjadi sasaran objek untuk menerima materi sehingga sulit berkembang dan mengembangkan pemikiran-pemikiran dan dapat menggali inovasi-inovasi yang dimilikinya tidak hanya sekedar menerima pelajaran dari guru yang satu arah saja.
Oleh karena itu guru harus mampu mengembangkan metode/cara mengajar yang lebih relevan dengan masa sekarang ini seperti metode Diskusi Partisipatif dengan harapan siswa bisa berkembang dan berpartisipatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sekarang ini terutama dalam pelajaran dikelas.

Sasaran Tindakan
Sasaran kita sekarang ini adalah siswa kelas X6 MAN I Bandung, dalam upaya meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama dengan menggunakan metode diskusi Partisipatif sehingga tidak menjadikan sasaran atau objek dari guru dalam menyampaikan pelajaran tetapi murid/siswa harus berpartisipatif dalam menyelesaikan masalah yang sering dihadapi oleh siswa didalam kelas, artinya siswa dituntut untuk dapat mengembangkan pikirannya dan kemampuannya melalui Diskusi Partisipatif, oleh karena itu sebagai Guru harus dapat memberikan kebebasan, jangan sampai membatasi kreatifitas siswa dalam mengembangkan kemampuannya, bahkan kalau bisa guru harus dapat memaksimalkan daya kreativitas siswa seluas-luasnya dengan mengarahkan penggunaan metode Diskusi Partisipatif.

Runusan Masalah
Dari judul diatas maka dapat dirumuskan masalahnya sebagai beikut :
Apakah diskusi partisipatif mampu memotivasi siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa ?
Apakah siswa sempat memikirkan giliran berbicara dalam diskusi tersebut
Apakah siswa mampu menguasai materi setelah mengikuti Diskusi partisipatif
Apa kesan dan tanggapan para siswa setelah mengikuti diskusi partisipatif yang dikembangkan di kelas tadi siang.

Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas yaitu tentang upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas X 6 MAN I Bandung untuk mata Pelajaran Pendidikan Agama dengan Metode Diskusi Partisipatif, maka dapat dirumuskan tujuan penelitiannya adalah :
Ingin tahu sejauhmana siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran dengan metode diskusi partisipatif
Seberapa jauh siswa mempersiapkan giliran berbicara dalam diskusi Partisipatif.
Sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari dengan metode Diskusi Partisipatif.
Ingin mengetahui sejauh mana reaksi dan kesan siswa setelah mengikuti Diskusi Partisipatif yang dikembangkan di kelas tadi siang.

Manfaat Hasl Penelitian
Dalam manfaat penelitian ini paling tidak siswa mampu termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran di kelas terutama yang berhubungan dengan Pendidikan Agama dengan metode baru yaitu metode diskusi partisipatif. Selain itu siswa mampu mempersiapkan diri untuk menunggu giliran berbicara dalam kelas maupun didepan teman-temanya bahkan didepan umum , kemudian siswa dapat dan mampu menguasai materi secara keseluruhan yang telah dipelajari didalam kelas tadi siang dan akhirnya siswa mampu memberikan respon dan kesan positif tentang penggunaan metode Diskusi Partisipatif dalam pelaksanaan pembelajaran untuk semua mata pelajaran.

II. KAJIAN PUSTAKA

Dalam Kajian Pustaka ini perlu dikemukakan sebuah teori yaitu teori tentang diskusi yang banyak ragamnya, tetapi yang paling cocok untuk mata pelajaran Pendidikan Agama adalah metode Diskusi Partisipatif yang bertujuan untuk dapat memberi semangat atau motivasi untuk mengikuti pelajaran di kelas dengan baik, selain itu siswa siap untuk menunggu giliran dalam berbicara baik didepan kelas atau didepan teman-temannya bahkan didepan umum karena memiliki kemandirian yang tinggi, kemudian siswa diharapkan mampu menguasai materi dengan baik secara keseluruhan terutama yang telah dipelajari didalam kelas dengan metode Diskusi Partisipatif yang sama-sama telah diikutinya dan yang paling penting adalah siswa dapat memberikan respon dan kesan positif tentang penggunaan metode Diskusi Partisipatif untuk mata pelajaran pendidikan agama dan mata pelajaran lainnya. Oleh karena itu dengan penggunaan Metode Diskusi Partisipatif ini siswa mampu meningkatkan prestasi belajarnya dan paling tidak dapat memberikan gairah atau semangat dalam berprestasi bagi siswa secara keseluruhan. Karenanya metode Diskusi Partisipatif perlu lebih banyak diterapkan dan di apresiasikan di depan kelas, bahkan kalau perlu guru harus banyak berkreasi dalam mengu nakan metode metode lainnya.

III. METODOLOGI PENELITIAN

Hal-hal yang harus dilakukan secara cepat dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa di MAN I Bandung kelas X 6 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama adalah dengan menerapkan dan menggunakan Metode Diskusi Partisipatif yang dapat menggairahkan dan menumbuhkan semangat belajar siswa, Secara kebetulan MAN I Bandung sebagai lembaga Pendidikan yang Strategis dan lokasinya sangat mendukung dibarengi dengan siswa siswinya yang sangat kreatif dan serba ingin tahu dan ingin maju, selain itu tenaga-tenaga pendidik yang sudah memenuhi kualifikasi dalam mendidik dan sarana-prasarana yang sudah memadahi dan paling tidak situasi belajarnyapun juga sudah nyaman walaupun disana sini masih banyak kekurangan-kekurangan yang tentunya kedepan bisa diperbaharui sesuai dengan era perkembangan zaman. Oleh karena itu MAN I Bandung harus terus dapat meningkatkan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran dengan menggunakan metode Diskusi Partisipatif bahkan kalau perlu dapat diterapkan metode-metode lainnya dalam mengembangkan pembelajaran. Selanjutnya dengan penerapan Metode Diskusi Partisipatif ini siswa siap menunggu giliran dalam berbicara di depan kelas dan didepan teman-temannya bahkan didepan umum bahkan siswa mampu menguasai materi dengan baik dan jelas karena penggunaan Metode Diskusi Partisipatif ini dan selanjutnya siswa mampu memberikan respon dan tanggapan serta kesan tentang pengunaan Metode Diskusi Partisipatif ini, terbukti dalam data yang terkumpul baik Guru, proses pembelajarannya, metode yang digunakan bahkan silabusnya dan indikator-indikatornya barlangsung dengan baik dan dapat dikategorikan baik dengan pilihan opsen (3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar