Rabu, 04 Agustus 2010

Bahan Kotbah : Roh Kudus Memerdekakan

ROH KUDUS MEMERDEKAKAN

Bacaan : 2 Korintus 3:17
Nats : Efesus 5:18
“Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,”

Pendahuluan
Mobill atau motormu, jika tidak kamu isi dengan bahan bakar pasti tidak bisa dipakai. Barang-barang elektronik apapun jika tanpa listrik tidak bisa digunakan. Lihatlah betapa pentingnya bahan bakar atau listrik dalam kehidupanmu! Motormu tidak akan memberi manfaat bagimu jika tanpa bahan bakar. Sama halnya dengan kita! Kita, sebagai orang percaya tidak akan bisa dipakai atau bermanfaat jika tidak ada Roh Kudus yang menjadi tenaga penggerak, dinamik, ataupun api yang menghidupkan. Itulah pentingnya dipenuhi dengan Roh Kudus! Roh Kudus akan memberi kekuatan, dan bahkan akan memerdekanan.

Mari bersama-sama kita membuka… Efesus 5: 18 “janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,”

Mengapa Rasul Paulus membandingkan mabuk oleh anggur dengan penuh Roh Kudus? Karena kedua hal itu sangat bertolak belakang. Roh Kudus itu bersifiat memerdekanan, sedangkan anggur/alcohol bersifat menguasai atau memperbudak.

Pembahasan
Ada dua hal dalam hidup setiap orang. Dikuasai oleh Roh Allah atau dikuasai oleh yang lain. Jika kamu dikuasai oleh Roh Allah, kamu tidak akan dikuasai oleh yang lain. Tapi jika kamu dikuasai oleh yang lain, itu artinya Roh Allah tidak ada pada dirimu.
Ex. Kamu diperbudak oleh game online, itu artinya Roh Allah tidak ada pada kamu! Karena kamu terbelenggu oleh game online. Yang ada dalam pikiranmu cuma game online terus, sampai kamu lupa berdoa! Lupa ke gereja! Tapi kalau kamu dikuasai oleh Roh Kudus, kamu akan merdeka dari perbudakan game onlinemu! Itulah yang dimaksud dengan Roh Allah memerdekaan kamu! (2 Kor. 3:17).

Rasul Paulus menggunakan istilah “orang mabuk” untuk menunjukkan seseorang yang tidak dikuasai oleh Roh Kudus. Karena biasanya orang mabuk dikuasai oleh kekuatan alkohol, sehingga ia sendiri tidak sadar apa yang dipikirkan dan dikalukan. Maka tidakan heran jika mereka bisa melalukan apa saja secara bebas. Orang yang tidak dikuasai oleh Roh Allah akan sangat berbahaya, bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk keselamatan orang lain.
Ex. Di tv-tv….
Karena hal itulah Rasul Paulus memberi nasehat kepada jemaat di Efesus supaya mereka mengusahakan untuk penuh dengan Roh Kudus!

Pentingnya Penuh Roh Kudus:
Roh Kudus itu sangat penting bagi hidup kita! Dalam Alkitab banyak peranan Roh Kudus, misalnya bagi…
Tuhan Yesus (Luk. 4:1-2;Mat. 4:1; Mar. 1:12) à ketika Dia penuh Roh Kudus artinya dikuasai Roh Allah à Dia menang dalam pencobaan di padang gurun!
Stefanus (Kisah 6: 8) à ketika penuh Roh Kudus à dia tidak menyangkal Yesus dan bersedia menyerahkan dirinya untuk dibunuh karena Yesus Kristus
Barnabas (Kis. 11:19-26) à Penuh Roh Kudus à bisa melahirkan anak rohani, yaitu Paulus

Mengapa kita perlu penuh Roh Kudus?
Pertama, karena Roh Allah itu akan memerdekanan, akan membebaskan dari kuasa Iblis, maut dan kuasa kedagingan kita. Itu artinya jika ada Roh Allah di dalam kita, kita akan dibebaskan dari segala kecanduan-kecanduan kita! Dari kecanduan kita bermain game, kecanduan kita nonton film, kecanduan kita FB-kan…

Kedua, karena dengan penuh Roh Kudus kita akan mendapat hati Kristus (I Kor. 2:15-16)! Hati Kristus itu, (seperti yang disaksikan oleh Paulus kepada jemaat di pilipi), adalah Kerendahan hati. “…yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diriNya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia, Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati….” (Filipi 2: 6-8).

Ketiga, Roh kudus itu penting karena dari Roh Kuduslah akan muncul kekudusan, dan hidup yang kekal: “Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.” (Roma 6:22)


Penutup
Penuh Roh Kudus, suatu kebutuhan. Bukan syarat! Jika Roh Kudus ada di dalam kita, semua yang akan kita lakukan ataupun perbuat, akan ditentukan oleh Roh Kudus yang tinggal dan menguasai kita. Roh Kudus yang akan memerdekanan kita dari segala hal yang menguasai, membelenggu, memperbudak dan membawa kita kepada kebinasaan. Oleh sebab itu, perhatikan Nasehat Rasul Paulus: “janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar