Selasa, 28 Februari 2012

Kontrak Pembelajaran STT

KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAK
DOSEN : EV. TIMOTIOUS SUKARMAN, S.PAK, M.Th
BOBOT SKS : (2 Sks)
PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SANGKAKALA GETASAN
TAHUN AKADEMIK 2011/2012

A. DISKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan Perencanaan pembelajaran PAK memberi wawasan yang luas bagi calon Guru PAK dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif,kreatif, inovatif dan menyenangkan atau lebih di kenal dengan “PAKEM”. Di samping mahasiswa mendapat teori perencanaan pembelajaran, juga bagaimana dapat menyiapkan/ merencanakan pembelajaran dengan Kurikulum yang baru, yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan), dengan mengembangkan Silabus, model pembalajaran dan membuat atau menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAK.
Dalam studi ini digunakan pendekatan teoritis-sistematis, historis maupun komperatif, yaitu Presentasi, diskusi, study banding dan pengalaman lapangan. Dari hasil pengamatan langsung, baik melalui literatur maupun ke Sekolah-sekolah kemudian dipresentasikan di depan kelas dan dilaporkan dalam bentuk produk (dalam bentuk RPP maupun Model Pembelajaran).

B. STANDAR KOMPETENSI:
Mahasiswa memiuliki wawasan yangmemadai tentang berbagai aspek teoritis perencanaan pembelajaranPAK, menyadari tanggungjaeasn guru, serta menunjukkan kebiasaan mengajar PAK secara terencana.
C. KOMPETENSI DASAR:
1. Mampu memjelaskan pengertian perencanaan pembelajaran
2. Mampu menjelaskan perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistim
3. Mampu menjelaskan perencaaan pemnbelajaran dalam konten KBK-KTSP
4. Mampu mengembangkan model-model perencanaan pembelajaran
5. Mampu membuat pengembangan silabus
6. Mampu membuat RPP PAK
7. Mampu membuat modul pembelajaran PAK
8. Mampu membuat rencana sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.

D. URUT-URUTAN PEMBELAJARAN :
1. Introduksi (penjelasan perkuliahan)
2. Menjelaskan pengertian perencanaan pembelajaran
3. Menjelaskan perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistim
4. Menjelaskan perencaaan pemnbelajaran dalam konten KBK-KTSP
5. Mengembangkan model-model perencanaan pembelajaran
6. Membuat pengembangan silabus
7. Praktek Membuat RPP PAK
8. Praktek membuat modul pembelajaran PAK
9. Membuat membuat rencana sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.

E. INDIKATOR HASIL BELAJAR:
Setelah selesai proses pembelajaran, mahasiswa diharapkan:
1. Dapat menjelaskan pengertian perencanaan pembelajaran
2. Dapat menjelaskan perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistim
3. Dapat menjelaskan perencaaan pemnbelajaran dalam konten KBK-KTSP
4. Dapat mengembangkan model-model perencanaan pembelajaran
5. Dapat mengembangkan silabus
6. Dapat membuat RPP PAK
7. Dapat membuat modul pembelajaran PAK
8. Dapat membuat rencana sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.

F. URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN:
Pertemuan 1:
Membahas:
1. Introduksi dan Orientasi Mata Kuliah (Penjelasan Kontrak pembelajaran seperti di atas)
2. Orientasi ruang lingkup Mata Kuliah (seperti tercantum di bawah ini)
3. Kebijaksanaan perkuliahan dan penilaian hasil belajar (Berdasarkan : Partisipasi dan kehadiran Nilai tugas mempuat RPP; Tugas membuat produk, Prsentasi kelompok dan Ujian Akhir Semester)
4. Buku ajar yang digunakan
5. Hal-hal yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
6. Uji Kompetensi (fre Test)
Setiap Mahasiswa mengerjakan soal-soal di bawah ini:
a. Jelaskan menurut pendapatmu apa itu perencanaan pembelajaran!
b. Jelaskan perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistim atau ketentuan yang ada, yaitu sesuai dengan KBK-KTSP!
c. Apakah model-model perencanaan pembelajaran?
d. Mengapa Model Pembelajaran hasil dikembangkan?
e. Apakah RPP(Rencana pelaksanaan pembelajaran?
Pertemuan 2:
1. Mengumpulkan Tugas Uji Kompetensi atau tes awal perkulihanan
2. Menjelaskan pengertian perencanaan pembelajaran
3. Komponen-komponen Pembelajaran PAK
Pertemuan 3:
1. Menjelaskan perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistim
2. Rencana Pembelajaran yang Sesuai dengan sistem KBK-KTSP
3. Tugas Menyimpulkan:
a. Apakah Perencanaan pembelajaran PAK
b. Perencaaan Pembalajaran sesuai dengan sistem (KBK-KTSP)
c. Komponen-komponen Pembelajaran PAK
Pertemuan 4:
1. Mengumpulkan tugas menyimpulkan atau ringkasan materi pertemuan 2 dan 3)
2. Menjelaskan perencaaan pembelajaran dalam konten KBK-KTSP
3. Pengertian KBK
4. Pengertian KTSP
Pertemuan 5:
1. Cara mengembangkan model-model perencanaan pembelajaran
2. Prinsip-prinsip dalam mengembangkan model-model pembelajaran
3. Tugas : Membuat Model Pembelajaran Tematik (Kelas 1 s/d 3)
Pertemuan 6:
1. Mengumpulkan tugas Model pembelajaran Tematik
2. Arti Silabus
3. Pengembangan silabus
4. Prinsip Pengembangan Silabus
5. Tugas : Meringkas :
Pengertian Silabus dan prinsip dalam pengembangkan silabus.

Pertemuan 7:
1. Mengumpulkan tugas Model pembelajaran Kelas 4
2. Mempresentasikan di depan kelas
3. Menyimpulkan bersama
Pertemuan 8:
1. Silabus PAK dan arah pengembangan untuk:
a. SD
b. SMP
c. SMA/SMK
Pertemuan 9:
1. Pengertian RPP
2. Komponen dalam RPP
3. Prinsip membuat RPP PAK
4. Tugas : Membuat RPP PAK
Pertemuan 10:
1. Mengumpulkan RPP PAK
2. Mempresentrasikan di depan kelas (RPP yang sudah dibuat)
3. Menyimpulkan bersama:
4. Tugas : Membuat RPP PAK kelas 1
Pertemuan 11:
1. Mengumpulkan RPP PAK
2. Mempresentrasikan di depan kelas (RPP yang sudah dibuat)
3. Menyimpulkan bersama:
4. Tugas : Membuat RPP PAK kelas 2
Pertemuan 12:
1. Mengumpulkan RPP PAK
2. Mempresentrasikan di depan kelas (RPP yang sudah dibuat)
3. Menyimpulkan bersama:
4. Tugas : Membuat RPP PAK kela s4
Pertemuan 13:
1. Mengumpulkan RPP PAK
2. Mempresentrasikan di depan kelas (RPP yang sudah dibuat)
3. Menyimpulkan bersama:
4. Tugas : Membuat RPP PAK kelas 5 dan 6
5. Penjelasan tugas membuat produk (Model pembelajaran dan RPP)
Pertemuan 14:
1. Mengumpulkan tugas Produk
2. Test Akhir Semesten (TAS)

G. PENILAIAN :
1. Partisipasi dan kehadiran 10 %
2. Tugas mempuat RPP 25 %
3. Tugas membuat produk 25 %
4. Prsentasi 20 %
5. UAS 20%

H. TUGAS :
1. Membuat RPP
1. Setiap Mahasiswa membuat RPP sesuai dengan ketentuan dari Dosen Pengampu (dikumpul sebelum Ujian Akhir Semestes)
2. Membuat Model Pembelajaran lengkap dengan alat peraga atau Media yang sesuai dengan materi, metode dan strategi yang dipakai. (dikumpul sebelum Ujian Akhir Semestes)

J. DAFTAR REFRFENSI :
1. Pedoman BSNP
2. Pedoman KTSP
3. Peranngkat KTSP
4. Contoh RPP PAK
Salatiga, 17 Agustus 2011
Dosen pengampu
Ev.Timotius Sukarman,M.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar