Selasa, 28 Februari 2012

GKJTU BULETIN MARET 2012

BULETIN JEMAAT MARET 2011
SARANA INFORMASI PELAYANAN, PERSERKUTUAN DAN KESAKSIAN
JEMAAT GKJTU ”BETESDHA” PLOSO-NGRAWAN; GKJTU JEMAAT GANDING DAN PEPANTAN BANARAN
Hp. 085229616816 Email: timotius.sukarman@yahoo.co.id



































”Membangun ?????”


Kota Tuhan, yaitu Yerusalem mau dibangun lagi, dan Bangsa perjanjian ingin dipulihkan dalam iman. Oleh sebab itu sebagai pemimpin dan pelayanan, Nehemia terus-menerus berdoa dan meminta kepada Tuhan Allah dan ingin memulai pembangunan dengan hikmat Tuhan.
Supaya bangsa Israel terus dilindungi, mereka terus membangun benteng Yerusalem. Mereka ingin memperbaharui iman pribadi maupun iman seluruh bangsa. Pemulihan bukan tujuan mereka, namun kehendak Allah. Jika mereka kembali kepada Tuhan, akan mendapat penghiburan, kekuatan dan kedamian yang kekal. Seperti sebelumnya, bahwa setelah mereka melakukan perbuatan yang tidak setia kepada Tuhan, Ezra sebagai pemimpin berdoa dan mengakui dosa, sambil menangis dengan bersujud di depan rumah Allah. Suikap dan tindakan Ezra kemudian diikuti oleh jemaat yang sangat besar jumlahny, terdiri laki-laki, perempuan dan anak-anak. Mereka menangis keras-keras atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Maka setelah mereka mengakui perbuatan yang tidak setia kepada Tuhan, masih ada harapan bagi Israel (Ezra 10: 1-2).
Dalam kehidupan kita sebagai umat Allah, pembangunan rohani, yaitu pemulihan iman menjadi hal yang utama. Oleh sebab itu kita terus berusaha agar kerohanian kuat. Kita membangun ”benteng-bentang”, yaitu ibadah, doa, bersekutu dengan Tuhan dan pelayanan. Rasul Paulus berkata: ” Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan, Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan, jerih payahmu tidak sia-sia (I Kor. 15: 58).
Untuk mempertahankan iman dan dalam upaya pemulihan kerohanian jemaat maka pada awal tahun baru ini, kami menyiapkan bahan-bahan PA/ Sarasehan (Firman Allah) untuk dipelajari. Sehingga menjadi pedoman, bekal dan bermanfaat bagi jemaat dalam memulai pembangunan secara fisik, yaitu merenovasi gereja, sebagai wujud dari iman atau pertumbuhan kerohanian mereka. ”sebab segala tulisan yang diilhamkan oleh Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakukan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran” (II Tim 3: 16).


Oleh : Vic. Timotius Sukarman

Bahan PA/Sarasehan 1
ENGKAU ADALAH TUHAN

Bahan : Nehemia 9:1-38
Nats. : I Yohanes 1:9

Pengantar
1. Menurut saudara, kesalahan apa saja yang saudara telah lakukan dalam minggu ini?
2. Apa yang sering menghalangi saudara ketika hendak mengakui kesalahan baik kepada Tuhan maupun kepada sesama?

Pendahuluan
Mencari kambing hitam atau melemparkan kesalahan kepada orang lain merupakan kebiasaan di dunia ini. Pada umumnya manusia sangatlah sulit untuk mengakui kesalahnnya. Apalagi mengakui kesalahan orang lain sebagai kesalahannya, ini merupakan hal yang sangat sulit. Menyalahkan orang lain adalah kebiasaan yang lebih mudah daripada mengakui kesalahan. Oang-orang Kristen pun masih ada yang sulit untuk mengakui kesalahannya dan lebih senang untuk mencari kesalahan orang lain.

Pendalaman Bahan Nehemia 9:1-38
1. Dosa siapa saja dan dosa apa saja yang diakui oleh orang-orang Yehuda dihadapan Tuhan?
2. Hal apakah yang telah menggerakkan orang-orang Yehuda untuk mengakui dosa-dosa mereka?

Pembahasan:
Keterbukaan dan pengakuan merupakan awal dari perubahan dan pemulihan. Kita harus bisa membuka mata hati kita untuk melihat dosa-dosa yang telah kita lakukan. Orang Israel semakin menyadari dosanya setelah mendengar Firman Tuhan. Mereka datang kepada Tuhan untuk mengakui dosa sehingga mereka mengalami kasih setia Allah, bahkan Allah membawa mereka pulang dari pembuangan. Orang percaya hendaknya selalu bisa melihat penyertaan dan kasih Allah dan dengan rendah hati mau mengakui dosa agar hidup kita senantiasa dipulihkan.

Penerapan:
1. Apakah yang Saudara sadari dari pertemuan sarasehan/hari ini?
2. Bagaimana kesadaran ini dapat diterapkan di dalam hidup Saudara?

Bahan PA/Sarasehan 2

UNTUK RUMAH TUHAN

Bahan : Nehemia 10:1-39
Nats. : I Tawarikh 29: 3-5

Pengantar
1. Seandainya saudara hanya mempunyai uang Rp 10.000, sedangkan saudara perlu makan dan harus memberi persembahan di gereja, apa yang akan saudara lakukan?
2. Pernahkan saudara memberikan sesuatu yang paling berharga dalam hidup saudara untuk pekerjaan Tuhan?

Pendahuluan
Sebagian besar ajaran agama di dunia ini mengajarkan pengikutnya untuk melakukan sesuatu agar memperoleh sesuatu. Sehingga, sekalipun kelihatannya memberi tapi sebenarnya menerima yang mereka harapkan. Sekalipun kelihatannya melayani tapi sebenarnya mereka ingin dilayani. Orang Kristen pun masih banyak yang demikian, mereka giat beribadah dengan harapan memperoleh berkat duniawi. Sehingga tidak sedikit orang Kristen yang demikian akhirnya kecewa.

Pendalaman Bahan Nehemia 10:1-39
1. Sebenarnya apa yang telah menggerakkan orang Yehuda untuk meneguhkan kembali komitmen mereka dihadapan Tuhan?
2. Janji apakah yang dikemukakan oleh orang Yehuda di hadapan Allah dalam hubungannya dengan Bait Allah?

Pembahasan:
Hanya Firman Akllah yang berkuasa menggerakkan orang untuk memperbaharui komitmennya dan mengalami pemulihan. Orang Yehuda mentaati Firman Allah, itu sebabnya mereka memperbaharui komitmen mereka di hadapan Allah. Mereka memberikan hasil dagangan untuk keperluan Bait Allah. Orang percaya yang sudah dipulihkan pun akan seperti itu, yaitu berkomitmen untuk melakukan segala Firman Tuhan dan dengan segenap hati untuk mempergunakan harta kekayaan untuk kemuliaan nama Tuhan.

Penerapan:
1. Apakah yang Saudara sadari dari pertemuan sarasehan/hari ini?
2. Bagaimana kesadaran ini dapat diterapkan di dalam hidup Saudara?

Bahan PA/Sarasehan 3
KEDUA PADUAN SUARA

Bahan : Nehemia 12:27-43
Nats. :

Pengantar
1. Pernahkah saudara merasa bahwa saudara adalah orang yang sangat berpengaruh di gereja karena saudara adalah salah satu orang yang memberikan sumbangan besar dalam gereja tersebut?
2. Bagaimana perasaan saudara jika nama saudara tidak dicantumkan dalam daftar penyumbang sementara saudara menyumbang lumayan besar?

Pendahuluan
Siapa yang punya uang merekalah yang berkuasa. Siapa yang banyak memberi mereklah yang harus dihormati. Sehingga tidak jarang kita melihat orang disanjung ketika masih berkuasa dan berlimpah materi tetapi diumpat setelah jatuh miskin. Di gereja masih sering terjadi hal yang demikian, siapa yang paling banyak memberi sumbangan dalam suatu gereja, mereklah yang harus disanjung bukan nama Tuhan.

Pendalaman Bahan Nehemia 12:27-43
1. Apa inti pentahbisan tembok Yerusalem yang dilakukan oleh orang-orang Yehuda?
2. Siapa yang menjadi fokus atau sentral dalam seluruh rangkaian acara pentahbisan tersebut?

Pembahasan:
Orang yang sudah dipulihkan menjadikan Tuhan sebagai fokus kehidupannya. Sehingga apapun yang dilakukannya bukanlah untuk kepentingan atau kemuliaan diri sendiri melainkan untuk kemuiaan Tuhan saja. Pentahbisan tembok Yerusalem hanya ditujukan untuk kemuliaan Tuhan saja. Di gereja pun harusnya demikian, apapun yang dilakukan harusnya hanya meninggikan nama Tuhan saja dan bukan nama manusia atau nama seseorang. Itulah salah satu bukti gereja atau komunitas yang sudah diperbaharui.

Penerapan:
1. Apakah yang Saudara sadari dari pertemuan sarasehan/hari ini?
2. Bagaimana kesadaran ini dapat diterapkan di dalam hidup Saudara?

Berpikir Positif


Bacaan : I Tesalonika 5:18
Nas : I Tesalonika 5:18
“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu”

Ada sebuah kisah tentang sepasang kekasih yang saling mencintai. Suatu hari, si pemuda mengalami kecelakaan mobil ketika hendak pergi ke luar kota. Ketika tersadar, pemuda tersebut menyadari bahwa dirinya telah menjadi buta. Pemuda itu menolak menemui kekasihnya karena dia merasa tidak lagi pantas untuk dicintai. “ah, tidak mungkin dia mau menerima aku lagi karena aku tidak seperti yang dulu...” pikir pemuda itu dalam hati. Maka, ia pun memutuskan jalinan cintanya dengan kekasihnya.

Beberapa tahun kemudian, pemuda tersebut menerima kabar bahwa mantan kekasihnya telah menikah dengan seorang pemuda yang memiliki kondisi lebih cacat dari dirinya. Orang itu tidak dapat melihat dan tidak dapat berbicara. Ia merasa begitu menyesal! Kalau saja waktu itu ia tidak berpikiran negatif terhadap dirinya sendiri, sekarang ini ia pasti sudah menikah dengan kekasih hatinya.
Orang yang mampu berpikir positif adalah orang yang memikirkan kemungkinan terbaik terlebih dahulu, sebelum memikirkan kemungkinan terburuk. Orang yang berpikir positif mampu menilai segala sesuatu dari sisi yang baik dan menguntungkan! Hal ini jelas berbeda dengan orang yang memiliki pikiran negatif, ia hanya mampu menilai segala sesuatu dari sisi yang buruk-buruk saja tanpa melihat sisi baiknya.
Memang pada kenyataannya, berpikir positif sangatlah susah. Butuh waktu dan proses yang cukup lama untuk menjadi pribadi yang selalu berpikir positif. Meskipun begitu, ada satu cara mudah untuk bisa berpikir positif. Bagaimana caranya? Yaitu dengan selalu mengucap syukur dan menerima apa pun yang terjadi dalam hidup ini. Selamat mencoba berpikir positif!

Doa : Tuhan, mampukan kami untuk dapat berpikir positif dalam menyingkapi segala hal yang terjadi dalam hidup ini. Amin...

Oleh : Ivana Lia SoliDeo

JADWAL PELAYANAN GKJTU BETHESDA PLOSO- NGRAWAN
BULAN MARET 2012

I. Ibadah Minggu :

N
O
TGL PELAYAN
FIRMAN TUHAN PEMBACA WARTA PERSEM-
BAHAN PENERIMA TAMU PERS.
PUJIAN

1 04/03 Bp. G.I. S.Madi Bp. Suripto Bp dan Ibu Sariman Ibu Barini Pemuda
2 11/03 Bp. G.I. Jumadi Bp. Y. Djuki Bp danIbu Nardi Ibu Kusrini S.M
3 18/03 Bp. Y. Djuki Ibu Sri S. Bp dan Ibu Yuda K Ibu Mujiati Pers.Ibu2
4 25/03 Bp. T. Sukarman Bp. Sariman David dan Sdr. Tika. Ibu Pujiati Keluarga

II.Sarasehan/ PA :

NO
TGL PELAYAN
TEMPAT FIRMAN TUHAN PEMIMPIN PUJIAN DOA SYAFAAT
1 02/03 Di Gereja
Bp. T.Sukarman Ibu Karman Bp. Y.Djuki
2 09/13 Bp. Yuda K Ibu Kusrini Ibu Sri. S.
3 16/03 Bp. Bp. Y.Juki Ibu Pujiati Bp. Jumadi
4 23/03 Bp. G.I Jumadi Ibu Yuda K Bp.T.Karman
5 Bp. Y. Sarjono Ibu Barini Ibu Karman
Catatan :
Selama Pembangunan Berlangsung Kegiatan sarasehan/PA di Gereja








III. Sekolah Minggu:

NO
TGL PELAYAN
FIRMAN TUHAN PEMIMPIN
PUJIAN MUSIK PENDAMPING
1 04/03 Di Gereja
Sdr. Puji Daniel Ibu Yuda
2 11/03 Sdr. Rima Tiko Ibu Barini
3 18/03 Wulan Daniel Ibu Pujiati
4 25/03 Tika Tiko Ibu Karman


IV. Persekutuan Remaja/Pemuda:

NO
TGL PELAYAN
TEMPAT FIRMAN TUHAN PUJI-PUJIAN MUSIK
1 02/03 Gereja
Bp. T. Sukarman Sdr. Joko Sdr. Tiko
2 09/13 Sdr. Tiko Sdri Wulan Sdr. Daniel
3 16/03 Bp. Yuda K. Sdri.Lia Sdr. Tiko
4 23/03 Mbah Yuli Sdr. Rima Sdr.Daniel

Catatan : Pelayanan Katekisasi bagi remaja/pemuda yang akan sidi/
baptis dimulai minggu ke 3 Bulan januari 2012 setiap
hari Sabtu, waktu Pukul 17.00 s/d 18.30, tempat di Gereja.

V. Persekutuan Kaun Ibu:

NO
TGL PELAYAN
TEMPAT FIRMAN TUHAN PUJI-PUJIAN KETERANGAN
1 02/02 Di Gereja
Ibu Barini Ibu Suko R. Persekutuan Ibu-ibu Setiap Hari Kamis jam 17.00 tepat. (Minggu keempat, di Gereja buka bersama) Perjamuan Kasih sederhana.
2
09/02 Ibu Jumadi Ibu Kusrini
3
16/02 Ibu. Sri S. Ibu Barini
4 23/02 Ibu. Sukarman Ibu Yudas K



UCAPAN TRIMA KASIH

Dompet Pembangunan:
Syalom, Bapak, Ibu dan Sdrku yang kekasih, Puji Gustu oleh karena berkat Tuhan, kita telah memulian pembangunna/renovasi Gereja kita. Dengan iman dan pengharapan pada Tuhan Yesus Kristus pembangunan anak selesai tingga minggu atau paling lama 1 Bulan. yaitu dengan fokus pada penambahan tiga (3 meter) ke depan dan teras serta halaman parkir rata dengan jalan. Maka mulai bulan Pebruari 2012, kami majelis Gereja telah membuka Dompet Pembangunan. Kepada Bapak, Ibu sdr dapat berpastisipasi dengan Doa dan dukungan dana maupun material yang kami dibutuhkan.

Untuk tahap pertama dengan anggaran Rp. 37.500.000,00
Saldo pembangunan tahun 2011 Rp 2.500.000,00
Persembahan material dari jemaat :
Pasir, semen, bata merah dan Batu kali, kayu Rp. 14.000.000,00
Dana yang masih dibutuhkan Rp 21.000.000,00
(Dua Puluh Satu Juta rupiah)

Sampai sekarang telah pondasi dan pasang bata. Kepada Bapak, Ibu Sdr yang ingin berpartisipasi dapat menghubungi Majelis jemaat setempat atau dapat langsung mentransfer ke Rek. BNI Taplus No. 021143825 KC. Semarang atas Nama Sri Sukasih. Terima Kasih. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

”Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah
kamu memenuhi hukum Kristus”
(Galatia 6: 2)








JADWAL PELAYANAN GKJTU PEPANTHAN BANARAN
BULAN PEBRUARI 2012

I. Ibadah Minggu :
N
O TGL PELAYAN
FIRMAN TUHAN PEMBACA WARTA PERSEM-
BAHAN PENERIMA TAMU
1 04/03 Bp. Pdt. Totok Bp P.Suwarto Ibu Karep Ibu Wanti
2 11/03 Bp. Suwarno Bp. Wardi Ibu Karmini. Bp. Warjono
3 18/03 Bp. Sukarman Bp. Suwarto Ibu Ganjar Ibu Suwarto
4 25/03 Bp. Sarjono Bp. Wardi Ibu Somo S. Ibu Karmini
Bapak/Ibu yang menerima tamu agar datang lebih awal untuk mempersipkan segala sesuatunya. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

II.Sarasehan/ PA :

NO
TGL PELAYAN
TEMPAT FIRMAN TUHAN PEMIMPIN PUJIAN DOA SYAFAAT
1 01/03 Kel. Bp Suradi Bp. Sukarman Ibu Karmini Ibu Karep
2 08/13 Kel. Bp.Warjono Bp. Sarjono Ibu Ganjar Bp. Suwarto
3 15/03 Kel. Suwarto Ibu Karman Bp. Wardi Bp.Sukarman
5 22/03 Kel. Bp. Somo Bp. Sukarman Ibu Karep Ibu Karman
10/02
17/02
24/02
Catatan : Kepada Bapak, Ibu Sdr, dapat mempersiapkan diri
dengan membaca dan mempelajari bahan PA/Sarasehan
yang sudah disiapkan. Trima kasih.

JADWAL PELAYANAN GKJTU GADING
BULAN PEBRUARI 2012

I. Ibadah Minggu :
N
O
TGL PELAYAN
FIRMAN TUHAN PEMBACA WARTA PANGRUPI PENERIMA TAMU
1 04/03 Bp. G.I S. Yasmani Bp. Yakub Bp. Suwarno

Majelis

2 11/03 Bp. Suwarno Bp.Yakup Bp.Yakup
3 18/03 Bp. Sarjono Bp.Yakup Bp. Suwarno
4 25/03 Bp. T. Sukarman Bp. Yakub Bp. Suwarno


II.Sarasehan/ PA :

NO
TGL
TEMPAT PELAYAN
FIRMAN TUHAN PEMIMPIN PUJIAN DOA SYAFAAT
1 07/03 Gereja Sdri. Naomi Bp. Yakub Bp.Suwarno
2 10/03 Kel. Bp. Suwarno Bp.Sukarman Bp.Daniel K Bp. Yakub
3 14/03 Gereja Sdri Hana P. Sdr. Yosep Sdr Wulan
4 21/03 Kel. Bp.
Jumadi Bp. Sarjono Ibu Suwarno Bp. Danuel
5 28/03 Gereja Sdri Naomi Sdri Yunita Sdr. Maria 10/02
Hari Sabtu, tgl 10 Maret 2012, Ibadah Ucapan Syukur:
Wisuda sdri Naomi. 17/02
Catatan : Kepada Bapak, Ibu Sdr, dapat mempersiapkan diri
dengan membaca dan mempelajari bahan PA/Sarasehan
yang sudah disiapkan. Trima kasih.

Renungan
Semua Dapat Dilakukan

Bacan : Amsal 13:2
Nas : Matius 17:20
“Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi sajakamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, -- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu”
Tak ada yang mustahil! Sebuah kalimat yang telah dibuktikan oleh banyak orang. Salah satunya oleh Jimmy Wahyudi. Ia adalah seorang anak yang dilahirkan di keluarga yang sederhana. Kedua orangtuanya adalah seorang wiraswasta kecil-kecilan yang penghasilannya tidaklah seberapa banyak. Ketika menginjak kelas 2 SMA, Jimmy bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Namun, mengingat keadaan keluarganya yang hanya keluarga sederhana, Jimmy hanya bisa menyerahkan semua harapannya kepada Tuhan.
Ajaibnya lagi, uang sumbangan ditahun itu untuk Universitas kedokteran hanya 1.5 juta rupiah serta SPP 430 ribu rupiah tiap semester. Semua itu karena ada dana sumbangan Penyelenggara Pendidikan. Tidak berhenti sampai disitu, Tuhan menolong masalah biaya kuliah melalui tangan-tangan yang terulur. Sehingga pada tahun 2008, Jimmy berhasil lulus dan menjadi seorang dokter.


Begitu besarnya kuasa iman! Jika kamu yakin pada Tuhan dan pada dirimu, serta berserah kepada kuasa Tuhan, maka tidak ada yang mustahil! Semua dapat kita lakukan, semua dapat terjadi dalam kehidupan kita. Buktikan sendiri kuasa iman dalam hidupmu!

Doa : Tuhan, kami yakin bahwa dengan iman kami dapat melakukan perkara-perkara luar biasa yang diluar akal pikiran kami. Terus tumbuhkan iman serta percaya kami hanya kepadaMu. Amin...


Oleh : Ivana Lia Solideo



MARI BELAJAR MEMUJI TUHAN

SUCIKAN DAN KUDUSKAN HATI KAMI
Kuyakin saat Kau berfiman. Kumenang saat Kau bertindak
Hidupku hanya ditentukan oleh perkataanMu.
Kuaman karna Kau menjaga. Kukuat karna Kau menopang
Hidupku hanya ditentukan, oleh kuasa-Mu
Reff. Bagi Tuhan tak ada yang mustahil
Bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin
Mujizat-Nya disediakan bagiku
Kudiangkat dan dipulihkan-Nya.

KAULAH TUHANKU
Kaulah Tuhanku, Kaulah rajaku,
Kau yang termulia dibumi dan di surga
Kusembah Kau Tuhan, Kusembah Kau Tuhan
Kupuji kumuliakan namaMu

SPERTI RUSA RINDU SUNGAIMU
Sperti Rusa rindu sungaiMu
Jiwaku rindu Engkau
Kaulah Tuhan hasrat hatiku
Ku rindu menyembahMu
Engkau kekuatan dan perisaiku
kepadaM roh ku berserah
Kaulah Tuhan hasrat hatiku
ku rindu menyembahMu
Reff. Yesus,Yesus, Kau berarti bagiku
Yesus,Yesus, Kau segalanya bagiku
TRIMA KASIH TUHAN
Trima kasih Tuhan, untuk kasih setiaMu
Yang kualami, dalam hidupku
Trima kasih Yesus, untuk kebaikkan
Sepanjang hidupku,
Trima kasih Yesusku,
Sbab anugrah yang Kau bri
Sbab hari ini, Tuhan adakan, Syukur bagi-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar