Selasa, 23 Agustus 2011

Ruang Lingkup Pendidikan Agama Kristen


Ruang lingkup PAK meliputi aspek-aspek sebagai berikut. Allah Tritunggal (Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus) dan karya-Nya
Nilai-nilai kristiani. Pada jenjang pendidikan SD peserta didik diperkenalkan pada hakikat Allah dan perspektif hubungan-Nya dengan manusia. Allah tidak berkarya di dalam ruang kosong, tetapi berkomunikasi dengan manusia. Allah membina relasi dengan manusia melalui karya-Nya.


Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

KLS SMTR STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR






I 1 1. Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain 1.1 Menerima keberadaan dirinya sebagai pemberian Allah
1.2. Menjawab kasih Allah dengan
cara mengasihi keluarganya
2 2. Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain 2.1.Mensyukuri alam ciptaan Allah dan isinya
2.2. Mensyukuri hidup bersama
orang lain








II 1 1. Menerapkan makna mengasihi dan menghargai manusia dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada
1.1 Mensyukuri kepelbagaian budaya,suku, agama dan bangsa
1.2 Mengasihi teman dan guru serta sesama di sekolah dan di sekitarnya
2 2. Menerapkan makna mengasihi dan menghargai manusia dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada
2.1 Menghargai teman dan guru serta sesama tanpa memandang perbedaan
2.2 Menolong orang yang sedang menderita yang ada di sekitarnya








III 1 1. Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan keluarga serta menunjukkan syukur melalui tanggung jawabnya dalam keluarga dan sesama
1.1 Mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga

1.2 Memberikan yang terbaik bagi keluarga

2 2. Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawabnya dalam keluarga dan sesama 2.1 Turut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga dan sesama
2.2 Memelihara alam ciptaan Allah









IV 1 1. Memahami dan mengakui kemahakuasaan Allah dalam wujud tindakan manusia yang bergantung sepenuhnya kepada Allah
1.1 Memahami kemahakuasaan Allah
1.2 Mengakui keterbatasannya sebagai manusia dan ketergantungannya pada kemahakuasaan Allah

2 2. Memahami dan mengakui kemahakuasaan Allah dalam wujud tindakan manusia yang bergantung sepenuhnya kepada Allah
2.1 Memahami wujud tindakan manusia yang sepenuhnya bergantung pada Allah
2.2 Mensyukuri kemahakuasaan Allah






V 1 1. Menjelaskan bahwa manusia berdosa, tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
1.1 Menjelaskan bahwa manusia itu berdosa
1.2 Menunjukkan kerinduan memohon ampun

2 2. Menjelaskan bahwa manusia berdosa, tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
2.1 Menjelaskan bahwa Allah adalah penyelamat manusia
2.2 Menunjukkan sikap sebagai orang yang sudah diselamatkan









VI 1 1. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia
1.1 Memahami dan menghayati makna ibadah
1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah
2 2. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia
2.1 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah
2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai ungkapan syukur kepada Allah




Arah Pengembangan PAK Sekolah Dasar
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan indikator pencapaian kompetensi, materi pokok, kegiatan pembelajaran, yang diperlukan untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu diperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar