Selasa, 23 Agustus 2011

KONTRAK PEMBELAJARAN PAK

KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAK
DOSEN : EV. TIMOTIUS SUKARMAN, S.TH, S.PAK, M.TH
BOBOT SKS : 2 SKS

PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SANGKAKALA GETASAN
TAHUN AKADEMIK 2011/2012

I. DESKRIPSI MATA KULIAH
Pekuliahan “Perencanaan Pembelajaran PAK” membahas Berbagai hal tentang Rencana yang akan dipakai dalam setiap proses pembnelakaran PAK, mulai: Pemahaman kurikulum 94, KBK dan KTSP tahun 2006. Dalam perkuliahan ini, akan membahas Perencaaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen secara umum, kemudian pengembangan Silabus, Perangkat KTSP, RPP dan RH, bentuk evaluasi atau penilaian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Dalam studi ini digunakan pendekatan, teoritis-sistematis, historis, maupun komparatif, yaitu diskusi, studi banding dan pengenalan lapangan. Dari hasil pengamatan langsung, kemudian dipresentasikan di depan kelas.

II. STANDAR KOMPETENSI:
Mahasiswa memiuliki wawasan yangmemadai tentang berbagai aspek teoritis perencanaan pembelajaranPAK, menyadari tanggungjaeasn guru, serta menunjukkan kebiasaan mengajar PAK secara terencana.

III. KOMPETENSI DASAR
1. Mampu menjelaskan pengertian perencanaan pembelajaran
2. Mampu menjelaskan perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistim
3. Mampu memjelaskan perencaaan pembelajaran dalam konten KBK-KTSP
4. Mampu mengembangkan model-model perencanaan pembelajaran
5. Mampu membuat pengembangan silabus
6. Mampu membuat Perangkat KTSP
7. Mampu membuat RPP PAK
8. Mampu membuat RH (Rencana Harian)
9. Mampu membuat modul pembelajaran PAK
10. Mampu membuat rencana sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memiliki wawasan yang luas mengenai rencana pembelajaran PAK.
2. Dapat membuat Perangkat KTSP
3. Dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam konten KBK-KTSP
4. Dapat membuat Perangkat KTSP
5. Menghitung Standart Ketuntasan Miniml (SKM)
6. Mampu membuat pengembangan silabus
7. Mampu membuat Perangkat KTSP
8. Mampu membuat RPP PAK
9. Mampu membuat RH (Rencana Harian)
10. Mampu membuat modul pembelajaran PAK
11. Mampu membuat rencana sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.


V. URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan 1
Membahas :
• Introduksi dan orientasi tujuan Mata Kuliah (seperti tersebut diatas)
• Orientasi ruang lingkup mata kuliah (seperti tercantum di bawah ini)
• Kebijaksanaan penilaian hasil belajar (berdasarkan kehadiran, ketaktifan dalam kelas, presensi, TTS, TAS, tugas kelompok kecil, dan tugas mandiri)
• Introduksi tugas yang harus diselesaikan dalam satu semester.
• Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya (tercanrum dibagian bawah)
• Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
• Uji kompetensi:
1. Apa yang Anda ketahui Perencaaan Pembelajaran PAK?
2. Apa yang Anda ketahui tentang Silabus?
3. Apakah isi Perangkat KTSP
4. Apalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran?
5. Apakah Rencana Harian?


Pertemuan 2
1. Membahas hakekat dan arti kurikulum KBK. antara lain, sejarah munculnya KBK tahun 2004.
2. Tugas:
Pada pertemuan ke-2 tagihan 1 setiap mahasiswa secara individual harus
mengumpulkan tugas (UJI KOMPETENSI) yang diketik dengan kertas kuarto
dengan 1 1/5 maksimal 2 halaman atau tulis tangan dengan kertas folio.

Pertemuan 3
1. Presentasi Kurikulum KTSP 2006
2. Tugas menyimpulkan:
a. Apa itu KTSP?
b. Guna, Fungsi KTSP dalam dunia pendidikan sekarang ini?
c. Bagaimana kesiapan Sekolah dan guru PAK dalam menerapkan KTSP?

Pertemuan 4
1. Prinsip-prinsip pengembang Silabus
2. Penjelasan Tugas (untuk didiskusikan dalam kelompok) pentingnya memahami KTSP 2006.

Pertemuan 5
1. Presentasi komponen Perangkat KTSP
2. Pengantar Diskusi:
3. Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiskusi tentang pentingnya Mata Kuliah Filsafat Pendidikan ini bagi tugas pembelajaran di kemudian hari, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. (Hasil diskusi akan dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan ke 6,7 dan 8)

Petemuan 6

1. Program Tahunan
2. Program Semester
3. Praktek pembuatan Program Tahunan dan Program semester


Pertemuan 7

1. Praktek menghitung Alokasi Waktu
2. Pemetaan
3. Praktek Perhitungan SKM/ SKBM

Pertemuan 8
Tes Tengah Semester
Bahan Pertemuan 1 s/d 7

Pertemuan 9
1. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
2. Praktek membuat RPP)

Pembelajaran 10
1. Praktek Membuat RPP dengan Karakter Bangsa

Pertemuan 11
1. Penilaian (Evaluasi KTSP)
2. Diskusi tentang penilaian KTSP

Pertemuan 12
1. Menyusun Intstumen Penilaian KTSP
2. Praktek menyusun Instrumen Penilaian KTSP

Pertemuan 13
1. Guru dan KTSP
2. Tugas : Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang pembuatan Perencanaan Pembelajaran PAK

Pertemuan 14:
1. Pengumpulan tugas mandiri
2. Tes Akhir Semester

VI. SISTEM PENILAIAN
1. Absen dan keaktifan dalam kelas 15 %
2. Diskusi dalam Kelompok dan Presentasi dalam kelas 15 %
3. Tugas mandiri/ Fortofolio 30 %
4. Tes Tengah Semester 20 %
5. Tes Akhir Semester 20 %

VII. DAFTAR REFERENSI:
1. Pedoman BSNP
2. Pedoman KTSP

Dosen dapat dihubungi melalui:
e-mail : Sukarman_tim@yahoo.co.id
www.blogger.com. Id: timotius.sukarman @yahoo.co.id
Alamat : Jalan P. Diponegoro 123B, Salatiga
Telepon Rumah (0298) 32104 HP 085229616816
Bertemu muka:
Di rumah, khusus untuk bimbingan penulisan Tugas Akhir sesuai perjanjian
Di kantor STT, khusus hari selasa jam 18.30-20..00 diruang kuliah sesudah perkuliahan (sesuai jadwal per semester).


Salatiga, 10 Aguasts 2011
Dipersiapkan oleh
Dosen Pembampu
































KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : KURIKULUM PAK
DOSEN : EV. TIMOTIUS SUKARMAN, S.TH, S.PAK, M.TH
BOBOT SKS : 2 SKS

PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SANGKAKALA GETASAN
TAHUN AKADEMIK 2010/2011

VIII. DESKRIPSI MATA KULIAH
Pekuliahan “Kurikulum PAK” membahas Berbagai hal tentang Kurikulum yang pernah dipakai, mulai kurikulum 94, KBK dan KTSP tahun 2006. Dalam perkuliahan ini, akan membahas Kurikulum Pendidikan Agama Kristen secara umum, kemudian pengembangan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta evaluasi atau penilaian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Mengingat KTSP 2006, masih termasuk Kurikulum baru bagi setiap sekolah terutama guru PAK, maka dalam mengimplemintasikan Kurikulum Operasional ini dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai KTSP. Oleh sebab itu dalam perkuliahan ini akan membekali calon guru PAK dalam mengaplikasikan atau menerapkan KTSP sesuai dengan kemampuan dan kekhasan dari sekolah setempat.
Dalam studi ini digunakan pendekatan, teoritis-sistematis, historis, maupun komparatif, yaitu diskusi, studi banding dan pengenalan lapangan. Dari hasil pengamatan langsung, kemudian dipresentasikan di depan kelas.

IX. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memiliki dasar pemikiran yang mendalam mengenai Kurikulum KTSP.
2. Memiliki wawasan yang luas dalam mengembangkan silabus.
3. Dapat membuat Rencana Pelaaksanaan Pembelajaran (RPP)
4. Dapat membuat Rencana Harian ( RH )
5. Menghitung Standart Ketuntasan Miniml (SKM)
6. Memahami Penilaian KTSP
7. Menyusun Instrumen Penilaian dan melaksanakan Penilaian
8. Mahasiswa juga diharapkan mampu membina dan mengembangkan program pengajaran serta memecah persoalan pendidikan pada umumnya, dan khususnya yang berkaitan dengan penerapan KTSP PAK.

X. URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan 1
Membahas :
• Introduksi dan orientasi tujuan Mata Kuliah (seperti tersebut diatas)
• Orientasi ruang lingkup mata kuliah (seperti tercantum di bawah ini)
• Kebijaksanaan penilaian hasil belajar (berdasarkan kehadiran, ketaktifan dalam kelas, presensi, TTS, TAS, tugas kelompok kecil, dan tugas mandiri)
• Introduksi tugas yang harus diselesaikan dalam satu semester.
• Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya (tercanrum dibagian bawah)
• Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
• Uji kompetensi:
1. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum?
2. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum KBK?
3. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)?
4. Apa yang ingin Anda ketahui tentang Kurikulum KTSP PAK?
5. Apakah hubungan memahami Kurikulum PAK dengan tugas mengajar atau mendidik?


Pertemuan 2
1. Membahas hakekat dan arti kurikulum KBK. antara lain, sejarah munculnya KBK tahun 2004.
2. Tugas:
Pada pertemuan ke-2 tagihan 1 setiap mahasiswa secara individual harus mengumpulkan tugas (UJI KOMPETENSI) yang diketik dengan kertas kuarto dengan 1 1/5 maksimal 2 halaman atau tulis tangan dengan kertas folio.

Pertemuan 3
1. Presentasi Kurikulum KTSP 2006
2. Tugas menyimpulkan:
a. Apa itu KTSP?
b. Guna, Fungsi KTSP dalam dunia pendidikan sekarang ini?
c. Bagaimana kesiapan Sekolah dalam menerapkan KTSP?

Pertemuan 4
1. Prinsip-prinsip pengembang KTSP
2. Penjelasan Tugas (untuk didiskusikan dalam kelompok) pentingnya memahami KTSP 2006.

Pertemuan 5
1. Presentasi komponen KTSP
2. Pengantar Diskusi:
3. Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiskusi tentang pentingnya Mata Kuliah Filsafat Pendidikan ini bagi tugas pembelajaran di kemudian hari, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. (Hasil diskusi akan dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan ke 6,7 dan 8)

Petemuan 6
1. Ketuntasan Belajar Minimal
2. Praktek menghitung SKM
3. Menyimak Presentasi Kelompok 1


Pertemuan 7
1. Pengembangan Silabus KTSP
2. Langkah-langkah pengembangan Silabus
3. Menyimak Presentasi dari mahasiswa kelompok 2

Pertemuan 8
1. SK dan KD SD s/d SMA/SLTA PAK
2. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa kelompok 3

Pertemuan 9
Tes Tengah Semester
Bahan Pertemuan 1 s/d 8

Pertemuan 10
1. Penentuan Jenis Penilaian (Evaluasi KTSP)
2. Diskusi tentang penilaian KTSP

Pertemuan 11
1. Perhitungan Alokasi waktu dan Pemetaan
2. Praktek menghitung alokasi waktu

Pertemuan 12
1. Silabus
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3. Tugas : Praktek mengisi kolom-kolom silabus

Pertemuan 13
1. Guru dan KTSP
2. Tugas : Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang pembuatan RPP.

Pertemuan 14
1. Rencana Harian
2. Tugas: Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang pembuatan RH.

Pertemuan 15:
1. Pengumpulan tugas mandiri
2. Tes Akhir Semester

XI. SISTEM PENILAIAN
1. Absen dan keaktifan dalam kelas 15 %
2. Diskusi dalam Kelompok dan Presentasi dalam kelas 15 %
3. Tugas mandiri 20 %
4. Tes Tengah Semester 20 %
5. Tes Akhir Semester 30 %

XII. DAFTAR REFERENSI:
1. Pedoman BSNP
2. Pedoman KTSP

Dosen dapat dihubungi melalui:
e-mail : Sukarman_tim@yahoo.co.id
www.blogger.com. Id: timotius.sukarman @yahoo.co.id
Alamat : Jalan P. Diponegoro 123B, Salatiga
Telepon Rumah (0298) 32104 HP 085229616816
Bertemu muka:
Di rumah, khusus untuk bimbingan penulisan Tugas Akhir sesuai perjanjian
Di kantor STT, khusus hari selasa jam 18.30-20..00 diruang kuliah sesudah perkuliahan (sesuai jadwal per semester).


Salatiga, 10 Juli 2010
Duipersiapkan oleh





























1 komentar: