Selasa, 23 Agustus 2011

KONTRAK PEMBELAJARAN TEORI PAK

KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : TEORI PAK
DOSEN : EV. TIMOTIOUS SUKARMAN, S.PAK, M.Th
BOBOT SKS : (2 Sks)
PROGRAM STUDI : S1 THEOLOGIA
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI EFATA SALATIGA
TAHUN AKADEMIK 2010/ 2011

I. DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan Teori Pendidikan Agama Kristen (PAK) mempelajari dan membahas, Arti, definisi dan hakekat PAK, serta tujuan PAK itu sendiri, baik tujuanUmum, tujuan lembaga. Karena PAK sebagai salah satu tugas Gereja yang banyak, maka dalam hal ini akan dibahas secara konferhensif, yaitu dengan melihat sejarah perkembangan PAK dalam Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
PAK tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Sejak dalam keluaga PAK sudah diperkenalkan oleh orang tua, baik secara langsung maupun tidak. Dengan demikian melalui PAK manusia mengakui dan percaya sebagai Ciptaan Allah, bahkan sebagai Citra Allah sendiri, yang harus mengembangkan segala aspek kehidupannya guna pekerjaan dan pelayanan lebih luas.
Mahasiswa sebagai calon Hamba Tuhan dan Guru PAK, baik di Gereja maupun di sekolah harus mengetahui dan memahami tugas panggilan ini, sebagai suatu panggilan imaniah. Oleh sebab itu mahasiswa theologia harus melengkapi diri supaya dapat menjalankan tugas pangilan Gereja tersebut.
Lebih lanjut, sebagai seorang Pemimpin rohani dan hamba Tuhan yang profesional, harus dapat merumuskan Kurikulum PAK baik di sekolah maupun di Gereja berdasarkan pemahaman Mahasiswa terhadap Alkitab sebagai Bahan/ sumber utama dari perumusan Kurikulum PAK. Memilih dan menggunakan metode-metode mengajar, media Pembelajaran serta dapat mengembangkan PAK secara aktif, kreatif dan inovatif, sebagaimana dilakukan TuhanYesus sebagai Guru Agung.


II. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kulih ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memiliki dasar pemikiran filosofis dan teoritis mengenai Arti dan Hakekat PAK, mengenal fungsi dan kepentingan PAK serta mencintainya.
2. Mengenal sejarah PAK, baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjin Baru, serta dalam kehidupan gereja pada masa kini.
3. Dapat merencanakan PAK baik di sekolah maupun di gereja.
4. Mempunyai pengertian dan ketrampilan mengunakan metode-metode dalam Pengajaran PAK, baik yang dilaksanakan di Gereja maupun di Sekolah.
5. Mempunyai pengertian dan ketrampilan mengunakan Media Pembelajaran dalam Pengajaran PAK, baik yang dilaksanakan di Gereja maupun di Sekolah.
6. Dapat mengembangkan Pembelajaran PAK secara aktif, kreatif dan inovatif, sebagaimana dilakukan TuhanYesus sebagai Guru Agung sehingga orang yang mendengarnya takjub dan mau mengikut Tuhan Yesus.
III. URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERKULIAHAN
Pertemuan 1 :
Membahas:
• Introduksi dan Orientasi Tujuan Mata Kuliah (seperti tersebut di atas)
• Orientasi ruang lingkup mata Kuliah (seperti tercantum di bawah ini)
- Kebijaksanaan pelaksanaan Perkuliahan
- Kebijaksanaan penilaian hasil belajar (Berdasarkan Kehadiran, keaktifan di dalam dan luar kelas, tugas kelompok dan tugas mandiri, TTS, TAS)
- Introduksi tugas yang harus diselesaikan
- Buku ajar, buku wajib mahasiswa dan sumber belajar lainnya (tercantum di bawah)
- Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan.
• Uji Kompetensi:
Untuk mendapatkan pengetahuan yang benar tentang Teori PAK, maka ketahuilah apa yang kamu ketahui dan ketahuilah apa yang kamu tidak tahu, yaitu dengan mengerjakan soal-soal berikut:
1. Apa yang Anda Ketahui tentang PAK
2. Apa yang Anda Ketahui tentang Teori PAK
3. Apa yang ingin Anda ketahui tentang Teori PAK?
4. Apa yang ingin Anda ketahui tentang PAK sebagai tugas Gereja?
5. Apa hubungan mempelajari Teori PAK dengan tugas Anda sebagai Hamba
Tuhan dan Guru PAK, baik di gereja maupun di Sekolah!
• Mempelajari dan Membahas Arti PAK
• Mempelajari alasan dan Pentingnya PAK

Pertemuan 2:
1. Mempelajari dan membahas Tujuan PAK
Yaitu Tujuan Umum PAK, tujuan Lembaga dan tujuan PAK serta cara merumuskan tujuan PAK.
2. Tugas:
Sebutkan minimal 2 tujuan PAK bagi Lembaga-lembaga Kristian!

Pertemuan ke 3:
1. Mempelajari PAK sebagai tugas Gereja.
2. Tugas: Mendaftarkan tugas-tugas Gereja:
3. Menjawab pertanyaan:
- Sejauh mana gereja berperan dalam PAK, baik di gereja maupun di sekolah.
- Diskusikan dengan temanmu, menurut kamu apa saja yang sudah dilakukan gereja dalam pelaksanaan PAK baik di jemaat maupun di Sekolah!
- Apakah pentingnya PAK terhadap pertumbuhan dan perkembangan iman jemaat, baik secara kwalitas maupun kuantitas!
4. Mengumpulkan tagihan pada pertemuan 2.


Pertemuan ke -4:
1. Mempelajari PAK dalam PL dan PB
2. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Dalam setiap kelompok, mahasiswa mencari informasi dalam Alkitab PL dan PB tentang PAK atau pengajaran Agama. Hasil penelitian dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan 5:

Pertemuan ke 5:
1. Mempelajari PAK dalam PL dan PB
2. Kelompok I mempresentasikan hasil penelitian tentang PAK dalam PL dan PB.
3. Bersama dosen pengampu merangkum haisl Diskusi kelompok yang sudah dipresetasikan.

Pertemuan ke 6 :
1. Mempelajari PAK dalam PL dan PB
2. Kelompok II mempresentasikan hasil penelitian tentang PAK dalam PL dan PB.
3. Bersama dosen pengampu merangkum haisl Diskusi kelompok yang sudah dipresetasikan.

Pertemuan ke 7 :
1. Mempelajari PAK dalam PL dan PB
2. Kelompok III mempresentasikan hasil penelitian tentang PAK dalam PL dan PB.
3. Bersama dosen pengampu merangkum hasil Diskusi kelompok yang sudah dipresetasikan.
4. Penjelasan persiapan Tes Tengah semester (Bahan Pertemuan1 a/d 7)


Pertemuan ke 8 :
1. Tes Tengah semester (Bahan Pertemuan1 a/d 7)
2. Prinsip-prinsip Alkitab tentang Pengajaran dan Pembelajaran. Serta peran Roh Kudus (Tugas Merangkum Buku: Prinsip dan Praktik PAK Karangan Drs. Paulus Lilik Kristiaanto, Halaman 19-34 ). Memakai Power Point (dipesentasikan) seperti akan dipresentasikan.

Pertemuan ke -9 :
1. Mempelajari Kurikulim PAK
2. Lokakarya : Mempelajari bersama dan membuat atau merumuskan Kurikulum PAK di Sekolah.
3. Tindak lanjut. Mahasiswa mencari Informasi tentang Kurikulum PAK di Sekolah
Dasar, SMP dan SMA, SMK. ( Dikumpulkan pada pertemuan ke 13)



Pertemuan ke 10 :
1. Memahami hubungan Guru Agama dengan Gereja
2. Dosen dan Mahasiswa sarasehan: Topik: Kedudukan Guru dalam Gereja
3. Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok kecil
4. Menyimpulkan hasil dikusi.

Pertemuan ke -11:
1. Memahami PAK di sekolah
2. Diskusi: Sejauh mana pelaksanaan PAK di Sekolah
3. Menyimpulkan hasil dikusi.


Pertemuan ke -12:
1. Memahami PAK di Gereja
2. Diskusi: Sejauh mana pelaksanaan PAK di Gereja.
3. Menyimpulkan hasil diskusi.


Pertemuan ke -13.
1. Mengumpulkan tagihan pada pertemuan ke 9.
2. Tindak lanjut. Mahasiswa mencari Informasi tentang Kurikulum PAK di gereja
lokal ( di Sekolah Minggu, Remaja-pemuda dan Dewasa)
3. Dikumpulkan pada pertemuan ke 13:

Pertemuan ke -14:
1. Mempelajari Metode-metode dalam pengajaran PAK
2. Mempelajari Media Pembelajaran dalam pengajar PAK
3. Melihat bersama-sama Metode-metode dan media yang dipakai Tuhan Yesus dalam pengajaran-Nya menurut Kitab Injil.
4. Tugas Individu: (Penyelidikan)
1. Mahasiswa mendaftarkan metode-metode yang dipakai Tuhan Yesus
2. Mahasiswa mendaftarkan media yang dipakai Tuhan Yesus dalam pengajaranNya.
3. Menyimpulkan kelemahan dan kekuatan suatu metode dan media dalam pengajaran PAK. (Dikumpulkan pada pertemuan ke 15) dan penjelasan untuk TAS.

Pertemuan ke -15:
1. Mengumpulkan tagihan pada pertemuan 14
2. Tes Akhir Semester.

IV. SISTEM PENILAIAN:
1. Absen dan keaktifan dalam kelas 10 %
2. Tugas Mandiri (Makalah) 15 %
3. Tugas merangkum dan Laporan Penyelidikan 15 %
3. Tugas Kelompok, presentasi dan diskusi 20 %
4. Tes Tengah semester 20 %
4. Tes Akhir Semester 20 %.



V. DAFTAR PUSTAKA:
a. Prinsip dan Praktik PAK, tahun 2006, (Bapak Drs. Paulus Lilik Kristiantio, M.Si, Th.M)
b. Ajarlah Mereka Melakukan, tahun 2005 (Bapak Dr. Andar Ismael)
c. Pendidikan Agama Kristen, 2004, (Dr. E.G. Homroghosen dan Dr. I .H Enklaar)
d. Menjadi dan menjadikan Murid Kristus, (Carol Fish)
e. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek PAK, (Robert R.Boehlke, Ph.D)
f. Strategi Pendidikan Kristen, Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis ((B. Samuel Sidjabat)
g. Yesus Guru Agung (J.M. Price)
h. Metodologi Penafsiran dan Perumpamaan Tuhan Yesus (Pdt. Dr. Paulus Daun, Th.M)
i. Bagaimana mengelola Gereja Anda, Pedoman bagi Pendeta dan pengurus Kaum Awam (Edgar Walz)
j. Pelengkap Katekismus Heidelberg (Ajaran GKJTU)
k. Pokok-pokok Penting Dalam Alkitab (Witnner Lee)
l. Menjadi Murid Yesus dan Tuntunannya (Kay Arthur Tom dan Jane Heart)
m. Pengembangan SILABUS, sesuai dengan KTSP, Bahan Diklat keagamaan tahun 2007, (Bapak Slameto, M.Pd)
n. Silabus PAK Sekolah Dasar (Kurikulum KTSP)
o. PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN, Referensi KTSP dengan kecerdasan majemuk Kelas I s/d VI), Dien Sumiyatiningsih Jogjakarta, 2008 Dien Sumiyatiningsih, PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN, Kurikulum 2004- KBK), Jogjakarta, 2006.
p. Tim Redaksi PAK-PGI, Buku Guru PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN kelas 1 s/d VI, Jakarta, 2006.
q. Tim Redaksi PAK-PGI, Buku Siswa PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN kelas 1 s/d VI, Jakarta, 2006
r. Artikel-artikel dari Internet.
s. Petumbuhan, perkembangan Gereja dan Penginjilan Melalui Pelayanan Siswa Rerpadu (Timotius Sukarman Cand. Andi Jogjakarta)

Salatiga, 1 Februari 2011
Dosen Pengampu

Ev. T. Sukarman, S.PAK, M.Th














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar