KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DOSEN : EV. TIMOTIOUS SUKARMAN, S.PAK, M.Th
BOBOT SKS : (2 Sks)
PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI EFATA SALATIGA
TAHUN AKADEMIK 2009/2010
I. DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan ”Strategi Pembelajaran PAK” membahas persoalan Hakekat Strategi, atau dikenal dengan Pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran.. Strategi Pembeljaran PAK, yaitu suatu teori dan praktek yang berhubungan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, yang mencakup pendekatan pembelajaran PAK, yang jika kita terapkan dalam kontek pembelajaran mencakup keempat unsur, yaitu: bagaimana menetapkan tujuan pembelajaran, mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif, mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkap atau prosedur, metode dan taktik pembelajaran dan menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan suatu pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu; Pendekatan pembelajaran yang beorientasi atau berpusat pada siswa dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada guru. Beberapa aspek dan proses pendidikan. Dari dua pendekatan inilah yang akan dibahas melalui tahapan-tahapan pembelejaran mata kuliah ini, dengan acuan atau dasar strategi pembelajaran Tuhan Yesus, sebagai Tuhan dan Guru Agung Pendidikan Agama Kristen, dengan tidak menutup diri untuk diperlengkapi dengan strategi pemebajaran masa kini, yaitu dengan strategi kognitif, Strategi merancang Tujuan Pembelajaran, yang kita kenal dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), yang jabarkan kedalam Indikator-indikator. Strategi memilih Metode, Stretegi memotivasi siswa, Strategi penerapan Standar Kompetensi, dan yang terakhir strategi Pengujian Berbasis Kompetensi, atau kita kenal dengan cara penilaian Kurikulum Tingkat Satuan pendidikian (KTSP).
Dalam studi ini digunakan pendekatan filsafat, teoritis, peraktis maupun
komparatif.
II. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kulih ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memiliki dasar pemikiran filosofis dan teoritis mengenai Strategi Pembelajaran secara umum, berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan strategi pembelajaran.
2. Memiliki wawasan yang luas mengenai berbagai pandangan Strategi pembelajaran baik secara teoritis maupun praktek penggunaan berbagai strategi pembelajaran.
3. Mahasiswa mampu memilih, menentukan menetapkan suatu strategi pembelajaran yang dipandangnya paling efektif efisiensi dalam proses pembelajran PAK.di sekolah.
4. Menyebutkan beberapa Strategi yang berhubungan dengan setiap Pembelajaran
5. Mahasiswa juga diharapkan mampu mengimplementasikan strategi pembelajaran Tuhan Yesus dengan strategi pembelajaran yang dipelajari dalam tugas mendidik dan mengajar anak-anak Tuhan untuk kemuliaan bagi namaNya. .
III. URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan 1:
Membahas :
• Introduksi dan orientasi tujuan mata kuliah (seperti tersebut diatas)
• Orientasi ruang lingkup mata kuliah (seperti tercantum dibawah ini)
• Kebijaksanaan pelaksanaan perkuliahan sebagai ”educational discourse”
• Kebijaksanaan penilaian hasil belajar (berdasarkan presensi aktif, TTS, TAS, tugas kelompok kecil, dan tugas bebas individual)
• Introduksi tugas yang harus diselesaikan
• Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya (tercantum dibagian bawah)
• Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
• Uji Kompetensi :
Untuk mendapatkan pengetahuan yang benar tentang Filsafat Pendidikan ketahuilah apa yang kau tahu dan ketahuilah pula apa yang kau tidak tahu.
1. Apa yang Anda ketahui tentang Strategi?
2. Apa yang Anda ketahui tentang Pembelajaran?
3. Apa yang Anda ketahui tentang Pendidikan Agama Kristen?
4. Apa yang ingin Anda ketahui tentang Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen?
5. Apakah hubungannya mempelajari Strategi Pembelajaran PAK dengan tugas mengajar atau mendidik?
Pertemuan 2
1. Membahas hakekat dan arti Strategi Pembelajaran PAK, ruang lingkup strategi. pembelajaran
. 1. Tugas :
Pada pertemuan ke-2 Tagihan 1 setiap mahasiswa secara individual harus mengumpulkan tugas (UJI KOMPETENSI) yang diketik dengan kertas kuarto dengan 1 1/5 maksimal 2 halaman atau tulis tangan dengan kertas folio.
Peremuan 3:
1. Unsur-unsur Stretegi pembelajaran.
2. Tugas menyimpulkan:
a. Apa itu tujuan pembelajaran PAK?
b.. Guna, atau Fungsi dan Persoalan stretegi dalam pembelajaran PAK?
c. Apakah ruang lingkup strategi pembelajaran PAK?
Pertemuan 4 (Tgl 5/03/2010)
1. Membahas macam-macam sttrategi Pembelajaran: (Strategi Kognitif dan Strategi merancang Tujuan Pembelajran.
2. Penjelasan Tugas (Untuk didiskusikan dalam kelompok) Pentingnya mata Kuliah
Strategi pembelajaran PAK bagi calon guru PAK.
Pertemuan 5 :
1. Pengantar Diskusi:
2. Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiksusi tentang pentingnya Mata Kuliah
Strategi pembelajaran di kemudian hari, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. (Hasil diskusi akan dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan ke 6, 7 dan 8) setelah pembahasan materi pokok.
Pertemuan 6
1. Presentasi Strategi memilih metode dan media Pembelaaran PAK
2. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 1 )
Pertemuan 7:
1. Membahas stretegi memotivasi siswa belajar dan membelajarkan siswa.
2. Praktek memotivasi siswa belajar.
3. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 2 )
Pertemuan 8
1. Presentasi Strategi Penerapan Standar Kompetensi dan Pengujian Berbasis Komopetensi dan KTSP 2006.
2. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 3 )
Pertemuan 9:
Tes Tengah Semester :
Bahan Pertemuan 1 s/d 8.
Pertemuan 10
1. Pandangan Strategi Tuhan Yesus
2. Diskusi tentang salah satu strategi Yesus dalam mengajar
( Matius 4: 12-25).
Pertemuan 11:
1. Strategi pengajaran Tuhan Yesus
a. Metode
b. Cara Tuhan Yesus mengajar
c. Pembelajaran Aktif.
Pertemuan 12:
1. Pengajaran Tuhan Yesus dan Pembelajaran PAK pada masa kini.
2. Tugas : Beberapa kelompok kecil mahasiswa bertugas melaporkan secara tertulis tentang:
a. Pembelajaran yang terjadi sekarang ini (dari Media cetak maupun akses dari
Internet) dikumpulkan sebelum TAS.
Pertemuan 13:
1. Membahas hubungan Stretegi pembelajaran Tuhan Yesus dengan tugas mengajar dan mendidik (suatu refleksi).
2. Tugas : Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang masalah
Ujian Akhir Semester berupa seperangkat item atau istrumen soal uraian. Semua mengerjakan di kelas.
Pertemuan 14 :
1. Membahas kompentensi guru dalam mengimplementasikan Stretegi Pembelajaran sehubungan dengan penerapan KTSP (2006). Bentuk Pembinaan
2. Ujian Akhir Semester (uraian, take home untuk waktu 6-7 hari, tiap soal paling banyak dijawab dalam satu halaman ketik di kertas kuarto, atau satu halaman tulisan folio)
JUDUL MAKALAH:
(Setiap Mahasiswa bisa memilih salah satu judul atau topik atas permasalahan pembelajaran PAK pada masa kini)
Ketentuan:
1. Diketik pada kertas Kwarto
2. Spasi 1 1/5
3. Minimal 10 Halaman
4. Time New Roman 12
5. Tidak dijilid
6. Pengaturan jarak sepasi:
atas 3 Cm
Kiri 3 Cm
Kanan dan Bawah masing-masing 2. 5 Cm.
IV. SISTEM PENILAIAN:
1. Abseni 10 %
2. Diskusi dalam Kelompok dan Presenasi dalam kelas 20 %
2. Tugas Mandiri Laporan (Proyek) 20 %
3. Tes Tengah Semester 20 %
4. Tes Akhir Semester 30 %.
V. DAFTAR REFERENSI
Dosen dapat dihubungi melalui :
e-mail : Sukarman_tim @ Yahoo.Co.id
Alamat : Jalan P. Diponegoro 123 B, Salatiga
Telepon Rumah (0298) 32104 HP 085229616816
Bertemu muka:
Di Rumah, khusus untuk bimbingan penulisan Tugas Akhir sesuai perjanjian.
Di Kantor STT, khusus Selnin; jam 17.00 – 20.00
dan di ruang kuliah sesudah perkuliahan (sesuai jadwal per semseter).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar