KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : KURIKULUM PAK
DOSEN : EV. TIMOTIUS SUKARMAN, S.TH, S.PAK, M.TH
BOBOT SKS : 2 SKS
PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SANGKAKALA GETASAN
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
I. DESKRIPSI MATA KULIAH
Pekuliahan “Kurikulum PAK” membahas Berbagai hal tentang Kurikulum yang pernah dipakai, mulai kurikulum 74, 84, KBK (2004) dan KTSP tahun 2006. Dalam perkuliahan ini, akan membahas Kurikulum Pendidikan Agama Kristen secara umum, kemudian pengembangan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Perangkat KTSP serta evaluasi atau penilaian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Mengingat KTSP 2006, masih termasuk Kurikulum baru bagi setiap sekolah terutama guru PAK, maka dalam mengimplemintasikan Kurikulum Operasional ini dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai KTSP. Perkuliahan ini akan membekali calon guru PAK dalam mengimplementasi atau menerapkan KTSP sesuai dengan kemampuan dan kekhasan dari satuan pendidikan.
Dalam studi ini digunakan pendekatan, teoritis-sistematis, historis, maupun komparatif, yaitu diskusi, studi banding dan pengenalan lapangan. Dari hasil pengamatan langsung, kemudian dipresentasikan di depan kelas dan mempraktekan langsung.
II. Standar Kompetensi :
Mahasiswa memiliki pengetahuan yang memadahi tentang berbagai aspek teori kurikulum dan implementasinya dalam pendidikan agama Kristen, menyadari peranannya sebagai pengembang kurikulum PAK dan mempraktekkan keinginannya untuk selalu mengembangkan kurikulum PAK
III. Komptensi Dasar
1. Mampu menjelaskan hakekat kurikulum dan KBK
2. Mampu menguraikan asas-asas pengembangan kurikulum
3. Mengidentifikasi kedudukan dan peran kurikulum PAK dengan sistem pendidikan
4. Menganalisa kurikulum PAK
5. Mengimplementasi KTSP
6. Menghayati peran guru dalam penyusunan dan pengembangan KTSP
7. Merencanakan pengembangan kurikulum PAK berdasarkan KTSP
8. Mengidentifikasi komponen KTSP
9. Merencanakan evaluasi
IV. Indikator
a. Mahasiswa mampu mendiskrepsikan Kurikulum dan KBK
b. Mahasiswa dapat menjelaskan asas-asas Pengembangan Kurukulum
c. Mehasiswa dapat mejelaskan KTSP sebagai pendograk Kualitas Pendidikan
d. Memahami dan memaknai standar isi KTSP, Kerangka Dasar Kurikulum, Struktur Kurikulum, Beban Belajar, dan Kalender Pendidikan
e. Memahami dan menjabarkan SK Lulusan, SKL/SKBM, SK dan KD (SKKD): SD, SMP, SMA/SMK
f. Dapat menjabarkan KD ke dalam Indikator dengan memakai kata-kata kerja operasional serta dapat menjabarkan KD ke Indikator
g. Dapat menjabarkan KD ke Indikartor dan Intikator ke Tujuan pembelajaran serta dapat mendesain materi berdasarkan Indikator
h. Dapat mengembangkan KTSP
i. Dapat menyusun KTSP
j. Dapat menyebutkan komponen KTSP dengan 4 Pilar
k. Dapat membuat perangkat KTSP, yaitu menghitung alokasi waktu, pemetaan, menghitung SKL, progam Tahunan dan Promesw
l. Dapat membuat RPP Karekter
V. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat:
a. Memiliki dasar pemikiran yang mendalam mengenai Kurikulum KTSP.
b. Memiliki wawasan yang luas dalam mengembangkan silabus.
c. Dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
d. Dapat membuat Rencana Harian ( RH )
e. Menghitung Standart Ketuntasan Miniml (SKM)
f. Membuat Perangkat KTSP
g. Memahami Penilaian KTSP
h. Menyusun Instrumen Penilaian dan melaksanakan Penilaian
i. Mahasiswa juga diharapkan mampu membina dan mengembangkan program pengajaran serta memecah persoalan pendidikan pada umumnya, dan khususnya yang berkaitan dengan penerapan KTSP PAK.
VI. URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan 1
Membahas :
• Introduksi dan orientasi tujuan Mata Kuliah (seperti tersebut diatas)
• Orientasi ruang lingkup mata kuliah (seperti tercantum di bawah ini)
• Kebijaksanaan penilaian hasil belajar (berdasarkan kehadiran, keaktifan dalam kelas, presensi, TTS, TAS, tugas kelompok kecil, dan tugas mandiri)
• Introduksi tugas yang harus diselesaikan dalam satu semester.
• Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya (tercantum dibagian bawah)
• Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
• Uji kompetensi:
a. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum?
b. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum KBK?
c. Apa yang Anda ketahui tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)?
d. Apa yang ingin Anda ketahui tentang Kurikulum KTSP PAK?
e. Apakah hubungan memahami Kurikulum PAK dengan tugas mengajar atau mendidik?
Pertemuan 2
1. Membahas hakekat dan arti kurikulum KBK. antara lain, sejarah munculnya KBK tahun 2004.
2. Tugas:
Pada pertemuan ke-2 tagihan 1 setiap mahasiswa secara individual harus mengumpulkan tugas (UJI KOMPETENSI).
Pertemuan 3
1. Presentasi Kurikulum KTSP 2006
2. Tugas menyimpulkan:
a. Apa itu KTSP?
b. Guna, Fungsi KTSP dalam dunia pendidikan sekarang ini?
c. Bagaimana kesiapan Sekolah dalam menerapkan KTSP?
Pertemuan 4
1. Prinsip-prinsip pengembang KTSP
2. Penjelasan Tugas (untuk didiskusikan dalam kelompok) pentingnya memahami KTSP 2006.
Pertemuan 5
1. Presentasi komponen KTSP
2. Pengantar Diskusi:
3. Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiskusi tentang pentingnya Mata Kuliah Kurikulum PAK ini bagi tugas pembelajaran di kemudian hari, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. (Hasil diskusi akan dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan ke 6,7)
Petemuan 6
1. Ketuntasan Belajar Minimal
2. Praktek menghitung SKM
3. Menyimak Presentasi Kelompok 1
Pertemuan 7
1. Pengembangan Silabus KTSP
2. Langkah-langkah pengembangan Silabus
3. Menyimak Presentasi dari mahasiswa kelompok 2
Pertemuan 8
1. SK dan KD SD s/d SMA/SLTA PAK
2. Menganalisa SK dan KD dalam kelompok
Pertemuan 9
Tes Tengah Semester
Bahan Pertemuan 1 s/d 8
Pertemuan 10
1. Penentuan Jenis Penilaian (Evaluasi KTSP)
2. Diskusi tentang penilaian KTSP
Pertemuan 11
1. Perhitungan Alokasi waktu dan Pemetaan
2. Praktek menghitung alokasi waktu
Pertemuan 12
1. Silabus
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3. Tugas : Praktek mengisi kolom-kolom Silabus
Pertemuan 13
1. Guru dan KTSP
2. Tugas : Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang pembuatan RPP.
Pertemuan 14
1. Tugas: Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang Pengembangan RPP- Karakter dan dengan empat pilar.
Pertemuan 15:
1. Pengumpulan tugas mandiri
2. Tes Akhir Semester
VII. SISTEM PENILAIAN
a. Absen dan keaktifan dalam kelas 15 %
b. Diskusi dalam Kelompok dan Presentasi dalam kelas 15 %
c. Tugas mandiri 20 %
d. Tes Tengah Semester 20 %
e. Tes Akhir Semester 30 %
VIII. DAFTAR REFERENSI:
a. Pedoman BSNP
b. Pedoman KTSP
c. Evaluasi Pembelajaran (Asep Jihad) Multimedia
d. Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (Mulyasa) Rosda
e. Penilaian hasil Belajar (Harun Rasyid)
f. Perencanaan pembelajaran (Abdul Majid)
g. Model-model Pembelajaran Aktif PAK, SD, SMP, SMA Berbasis Kompetensi (Oditha R. Hutabarat)
h. Perencanaan Pendidikan (Udin Sye3fudin Sa”ud)
i. Perencanaan Pembelajaran (Lukmanuel Hakim)
Dosen dapat dihubungi melalui:
e-mail :timotius.sukarman @yahoo.co.id
www.blogger.com. Id: timotius.sukarman @yahoo.co.id
Alamat : Jalan P. Diponegoro 123B, Salatiga
Telepon Rumah (0298) 32104 HP 085229616816
Salatiga, 10 Desember 2011
Dipersiapkan oleh:
Ev. Timotius Sukarman, M.Th
Tidak ada komentar:
Posting Komentar