Selasa, 28 Februari 2012

Kontrak Pembelajaran STT

KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : FILSAFAT PENDIDIKAN
DOSEN : EV. TIMOTIOUS SUKARMAN, S.PAK, M.Th
BOBOT SKS : (2 Sks)
PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI EFATA SALATIGA
TAHUN AKADEMIK 2010/2011


I. DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan ”Filsafat Pendidikan” membahas persoalan filsafati dan teoritis mengenai pendidikan, Filsafat dan manusia, baik dasar pemikiran maupun penerapannya dalam praktek serta pemecahan masalah-masalah mikro dan makro pendidikan, yaitu dengan menempatkan permasalahan pendidikan tersebut pada pemikiran filsafat. Perkuliahan ini juga membahas pelbagai landasan pendidikan, serta pendidikan dalam praktek dengan ilmu pengetahuan termasuk peadagogik, dengan filsafat pendidikan serta berbagai disiplin keilmuan lain.
Beberapa aspek dari Filsafat pendidikan, beberapa aspek dan proses pendidikan
kecerdasan serta beberapa konsep pada proses pendidikan dan pengajaran juga menjadi kajian, sekalipun hanya sebatas pengenalan.
Dalam studi ini digunakan pendekatan filsafat, teoritis-sistematis, historis,
maupun komparatif.

II. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah menempuh mata kulih ini mahasiswa diharapkan dapat:
1. Memiliki dasar pemikiran filosofis dan teoritis mengenai pendidikan. Filsafat dan manusia dalam lingkup pengajaran makro berdasarkan epistemologis dan lingkup belajar-mengajar mikro berlandaskan interaksi insani
2. Memiliki wawasan yang luas mengenai berbagai pandangan filsafat dan teori pendidikan.
3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan yang ditemuinya dalam keseharian pendidikan serta mencarikan jalan keluarnya
4. Menyebutkan Beberapa aspek dari Filsafat Pendidikan, Beberapa aspek dan proses pendidikan kecerdasan dan beberapa konsep pada proses pendidikan dan pengajaran
5. Mahasiswa juga diharapkan mampu membina dan mengembangkan program pendidikan serta memecahkan persoalan pendidikan pada umumnya, dan khususnya yang timbul dan dihadapi di Indonesia baik dalam rangka otonomi daerah maupun dekonsentrasi pendidikan guru.


III. URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
Pertemuan 1:
Membahas :
• Introduksi dan orientasi tujuan mata kuliah (seperti tersebut diatas)
• Orientasi ruang lingkup mata kuliah (seperti tercantum dibawah ini)
• Kebijaksanaan pelaksanaan perkuliahan sebagai ”educational discourse”
• Kebijaksanaan penilaian hasil belajar (berdasarkan presensi aktif, TTS, TAS, tugas kelompok kecil, dan tugas bebas individual)
• Introduksi tugas yang harus diselesaikan
• Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya (tercantum dibagian bawah)
• Hal-hal lain yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
• Uji Kompetensi :
Untuk mendapatkan pengetahuan yang benar tentang Filsafat Pendidikan ketahuilah apa yang kau tahu dan ketahuilah pula apa yang kau tidak tahu.
1. Apa yang Anda ketahui tentang Filsafat?
2. Apa yang Anda ketahui tentang Pendidikan?
3. Apa yang Anda ketahui tentang Filsafat pendidikan?
4. Apa yang ingin Anda ketahui tentang Filsafat pendidikan?
5. Apakah hubungannya dengan tugas mengajar atau mendidik?

Pertemuan 2
1. Membahas hakekat dan arti Filsafat, Filsafat Pendidkan, yaitu antara lain: Sejarah kefilsafatan,
2. Tugas :
Pada pertemuan ke-2 Tagihan 1 setiap mahasiswa secara individual harus mengumpulkan tugas (UJI KOMPETENSI) yang diketik dengan kertas kuarto dengan 1 1/5 maksimal 2 halaman atau tulis tangan dengan kertas folio.

Peremuan 3:
1. Karakter Berfikir Filsafat, Guna, Fungsi, persoalan-persoalan Filsafat serta ruang lingkup Filsafat dan Filsafat Pendidikan..
2. Tugas menyimpulkan:
a. Apa itu berfikir Filsafat
b.. Guna, Fungsi dan Persoalan FIlsafat
c. Ruang Lingkup Filsafat dan Filsafat pendidikan

Pertemuan 4
3. Membahas hubungan Filsafat dengan Filsafat Pendidikan, hubungan Filsafat
Pendidikan dengan Program Fakultas Pendidikan Agama Kristen (S1) Latar Belakang munculnya Filsafat Pendidikan menurut : Pemikiran Socrates (470-399 SM), Plato (427 -347 SM dan Menurut Aristoteles (367 – 345 SM).
4. Penjelasan Tugas (Untuk didiskusikan dalam kelompok) Pentingnya mata Kuliah
Filsafat bagi tugas pembelajaran

Pertemuan 5 :
3. Pengantar Diskusi:
4. Dalam kelompok kecil, mahasiswa berdiksusi tentang pentingnya Mata Kuliah
Filsafat Pendidikan ini bagi tugas pembelajaran di kemudian hari, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. (Hasil diskusi akan dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan ke 6, 7 dan 8) setelah pembahasan materi pokok.



Pertemuan 6
3. Presentasi Aliran Filsafat Pendidikan modern ditinjau dari ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengertian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.
4. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 1 )
Pertemuan 7:
4. Pengertian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.
5. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 2 )

Pertemuan 8
3. Pandangan Filsafat tentang hakekat manusia, Sistim Nilai dalam kehidupan manusia.
4. Menyimak Presentasi dari Mahasiswa (Kelompok 3 )

Pertemuan 9:
Tes Tengah Semester :
Bahan Pertemuan 1 s/d 8.

Pertemuan 10
Pandangan Filsafat tentang Pendidikan (Dasar dan Tujuan, Pendidikan dan peserta didik, Kurikulum, dan Sistem Pendidikan.

Pertemuan 11:
1. Beberapa aspek dari Filsafat pendidikan, beberapa aspek dan proses pendidikan
kecerdasan serta beberapa konsep pada proses pendidikan dan pengajaran.
Pertemuan 12:
Filsafat Pancasila.
3. Tugas : Beberapa kelompok kecil mahasiswa bertugas melaporkan secara tertulis tentang:
a. Pendidikan yang terjadi sekarang ini (dari Media cetak maupun akses dari
Internet)
b. Pendidikan nilai etetis dan etis dalam skala mikro sebagai proses mendidik. (dikumpulkan sebelum TAS )

Pertemuan 13:
1. Membahas Filsafat Pendidikan praktis : perennialisme dan Esesialisme dalam permasalahan pengajaran, pendidikan dan teknologi instrksional (pendidikan).
2. Tugas : Mahasiswa mengerjakan tugas kelompok kecil yang singkat tentang masalah
Ujian Akhir Semester berupa seperangkat item pilihan berganda dan satu (1) soal uraian. Semua mengerjakan di kelas.

Pertemuan 14 :
3. Membahas faktor manusia dalam pendidikan, khususnya pengajaran, mengajar dan kurikulum (makro) dan belajar.khususnya berdasarkan teori Ki Hajar Dewantara (dari Karya KHD, 1963).
4. Ujian Akhir Semester (uraian, take home untuk waktu 6-7 hari, tiap soal paling banyak dijawab dalam satu halaman ketik di kertas kuarto, atau satu halaman tulisan folio)
IV. JUDUL MALAKAH:
1. Pentingnya Landasan Illmu Fislafat bagi Pendidik
2. Hubungan Filsafat dengan Filsafat pendidiiakan
3. Filsafat Pancasila
4. Guru dan Filsafat pendidikan
5. Apakah Pendidikan Usia dini tidak memperkosa peserta didik
6. Siapa yang berhak mendidik manusia?
7. Tujuan Akhir Pendidikan
8. Pendidikan Anak Usia Dini
9. Pendidikan dan masa Depan
10. Kemana setelah menempuh pendidikan
11. Dampak Sertifikasi dalam jabatan Guru.
(Setiap Mahasiswa bisa memilih salah satu dari judul di atas atau memilih judul sendiri dengan persetujuan Dosen Pengampu)
Ketentuan:
a. Diketik pada kertas Kwarto
b. Spasi 1 1/5
c. Minimal 10 Halaman
d. Time New Roman 12
e. Tidak dijilid
f. pengaturan jarak sepasi:
atas 3 Cm
Kiri 3 Cm
Kanan dan Bawah masing-masing 2. 5 Cm.

IV. SISTEM PENILAIAN:
1. Abseni 15 %
2. Diskusi dalam Kelompok dan Presenasi dalam kelas 15 %
2. Tugas Mandiri (Makalah) 30 %
3. Tes Tengah Semester 20 %
4. Tes Akhir Semester 20 %.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar