Selasa, 28 Februari 2012

Kontrak Pembelajaran STT

KONTRAK PEMBELAJARAN
MATA KULIAH : PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAK
DOSEN : EV. TIMOTIOUS SUKARMAN, S.PAK, M.Th
BOBOT SKS : (3 Sks)
PROGRAM STUDI : S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SANGKAKALA GETASAN
TAHUN AKADEMIK 2011/2012

A. DISKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan “Bimbingan Konseling” atau BK, membahas perosalan-persoalan damn cara atau kiatdalam penanganan masalah yang timbulsebagai akibat dari luar diri seseorang dan dari dalam atau faktor lain yang ikut mempengaruhi.
Perkuliahan Bimbingan Koseling bukan hanya mengenai teoritis:pengertian Bimbingan dan Konseling, fungsi, prinsip ,asas dan tujuan Bimbingan dan Koseling, tetapi akan dibahas sampai kepada dasar pemikiran (mengapa) Bimbingan dan Koseling maupun penerapannya dalam praktek serta pemecahan masalah-masalah, yaitu bagaimana suatu permasalahan atau lazim disebut krisis dalam dibantu dalam proses pemecahannya.
Tentu tidak semudah itu untuk membantu seseorang dalam memecahkan permasalah atau krisis yang mereka alami. Perlu pemahaman tentang krisis atau masalah itu sendiri dan dinamika perkembangan krisis serta prosesud secara umum maupun klhusus. Bagi orang yang percaya kepada Tuhan Yesus maka prosedur yang dipakai adalah proses atau prosedur secara kristiani. Bagaimana masalah dilihat dari iman, yaitu bahwa Allah turut bekerja dalam setiap permasalahan dan krisis yang dihadapi umatNya untuk tujuan atau maksud baik.
Untuk dapat menjadi seorang konselor yang baik dan berhasil harus memahami asas-asas Bimbingan dan Konseling. Oleh sebab itu beberapa asas BK serta konseling sebagai tugas gereja atau orang-orang percaya akan dibahas secara mendasar. Maka dalam perkuliahan ini digunakan pendekatan teoritis-sistematis, historis maupun komperatif, yaitu Presentasi, diskusi, study kasus dan latihan pemecahan masalah. Dipresentasikan di depan kelas dan dilaporkan dalam bentuk laporan Bimbingan.
B. KD DAN IDIKATOR:
Kompetensi Dasar:
1. Mampu menjelaskan arti Bimbingan dan Koseling
2. Mampu menyebutkan Fungsi dan Prinsip BK
3. Mampu menjelaskan dan menyebutkan asas dan Tujuan BK
4. Mampu menjelaskan Pentingnya BKdi sekolah
5. Mampu mejelaskan pentignya BK di Gereja
6. Mampu menjelaskan tugas Konseling di dalam Gereja
7. Mampu menyebutkan prosedur dalam BK secara umum dan secara Kristiani
8. Mampu menjelaskan asas-asas BK secara umum dan secara kristiani
9. Menjelaskan persoalan Bimbingan dan Koseling serta dapat menolong sesuai dengan kapasitas dan keahlianya.
Indikator Hasil Belajar
Setelah selesai proses pembelajaran, mahasiswa diharapkan:
a. Mahasiswa mampu mendripsikan kembali Arti Bimbingan dan Koseling
b. Mahasiswa dapat menyimpulkan arti BK sesuai dengan pemabahananya sendiri
c. Mahasiwa mampu menjelaskan Fungsi dan Prinsip BK
d. Mahasiswa dapat menyebutkan Fungsi BP
e. Mahasiwa dapat menyebutkan Prinsip BK
f. Mahasiswa dapat menjelaskan Pentingnya BKdi sekolah
g. Mahasiswa dapat mejelaskan pentignya BK di Gereja
h. Mahasiswa dapat menjelaskan tugas Konseling di dalam Gereja
i. Mahasiswa dapat menyebutkan prosedur dalam BK secara umum dan secara Kristiani
j. Mahasiswa dapat menjelaskan asas-asas BK secara umum dan secara kristiani
k. Mahasiswa dapat menjelaskan persoalan Bimbingan dan Koselin
l. Mahasiswa dapat menolong permasalahan yang dihadapi konsili sesuai dengan kapasitas dan keahlianya.
C. URUT-URUTAN DALAM PEMEBLAJARAN
Pertemuan 1:
Membahas:
1. Introduksi dan Orientasi Mata Kuliah (Penjelasan Kontrak pembelajaran seperti di atas)
2. Orientasi ruang lingkup Mata Kuliah (seperti tercantum di bawah ini)
3. Kebijaksanaan perkuliahan dan penilaian hasil belajar (Berdasarkan : Partisipasi dan kehadiran, Nilai tugas pribadi dan kelompok, Prsentasi kelompok dan Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir semester)
4. Buku ajar yang digunakan
5. Hal-hal yang esensial dari pengalaman pelaksanaan perkuliahan
6. Uji Kompetensi:
Setiap mahasiswa menjawab pertanyaan berikut ini:
a. Jelaskan arti Bimbingan dan Koseling yang saudara ketahui
b. Sebutkan 2 Fungsi Bimbingan Konseling bagi orang yang punya masalah!
c. Jelaskan Pentingnya BKdi sekolah
d. jelaskan pentignya BK di Gereja
e. Apakah perbedaan BK secara umum dan secara Kristiani!
Pertemuan 2:
1. Mengumpulkan Tugas Uji Kompetensi
2. Menjelaskan arti Bimbingan dan Koseling
3. Tugas :
Menyimpulkan Arti Bimbingan dan Koseling
Pertemuan 3:
1. Menjelaskan dan menyebutkan Fungsi dan Prinsip BK
2. Tugas :
a. Diskusi Kelompok tentang Fungsi BK
b. Menyimpulkan Fungsi dan Prinsip BK

Pertemuan4:
1. Menjelaskan Pentingnya BK
Pentingnya BK di sekolah
2. Study Kasus
3. Latihan memecahkan permasalahan yang dialami oleh anak-anak atau siswa.
4. Menyimpulkan pentingnya BK di Sekolah.
Pertemuan 5:
1. Menjelaskan mejelaskan pentignya BK di Gereja
2. Study Kasus
3. Latihan memecahkan permasalahan yang dialami oleh Jemaat.
4. Menyimpulkan pentingnya BK bagi warga Gereja.
Pertemuan 6:
1. Pemutaran Film AIR MATA DOA
2. Menjelaskan permasalahan yang terjadi sesuai dengan Film yang ditonton
3. Tugas :
a. Setiap Mahasiswa memberi komentar secara tertulis terhadap apa yang telah dilihat dalam sinetron Air Mata Doa.
b. Latihan memecahkan permasalahan yang dialami oleh:
Suami
Isri dan anak.

Pertemuan 7:
1. Mengumpulkan Tugas (Pertemuan 6)
2. Test Tengah Semester

Pertemuan 8:
1. Menjelaskan Bimbingan dan Konseling tugas Gereja
2. Menyimpulkan Bimbingan Konseling tugas Gereja

Pertemuan 9:
1. Prosedur dalam BK secara umum dan secara Kristiani
2. Latihan Bimbingan dan Konseling berdasarkan Prosedur secara Kristiani
(Masing-masing mencari pasangan), Hasil bimbingan dilaporkan secara tertulis!
Pertemuan10:
1. Menjelaskan asas-asas BK secara umum dan secara kristiani
2. Menyimpulkan kembali asas-asas dalam BK secara umum dan secara Kristriani
3. Tugas:
Setiap Mahasiswa mengadakan penelitian atau pengamatan secara langsung mengenai penanganan masalah dengan asas-asan secara Kristiani, dengan mendata akibat jika dengan konselor melanggar asas yang ada.

Pertemuan11:
1. Mengumpulkan tugas penelitian atau pengamatan
2. Diskusi kelompok (Bahan disediakan oleh Dosen Pengampu : persoalan Bimbingan dan Koseling dan cara mengatasinya)
3. Mahasiswa mempresentasikan di depan kelas!
Pertemuan12:
1. Mahasiswa mempresentasikan di depan kelas hasil diskusi: persoalan Bimbingan dan Koseling dan cara mengatasinya.
2. Penjelasan Tugas akhir dan Tes Akhir semester


Pertemuan13:
1. Mengumpulkan tugas akhir
2. Tets Akhir Semester :
Bahan: Menolong permasalahan yang dihadapi konsili sesuai dengan kapasitas
dan keahlianya serta sesuai dengan prinsip dan asas BK secara Kristiani.

D. PENILAIAN :
1. Partisipasi dan kehadiran 10 %
2. Tugas Pribadi Terstrukur 15 %
3. Laporan Bimbingan 25%
4. Prsentasi 15 %
5. UTS 20%
6. UAS 15%



Salatiga, 17 Agustus 2011
Dosen pengampu
Ev.Timotius Sukarman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar